Kasus Covid-19 di Bandung Hampir Tembus 1.000 Kasus

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara | Foto: Humas Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasus Covid-19 di Kota Bandung sempat melandai dalam beberapa bulan terakhir bahkan konfirmasi aktif sempat hanya belasan. Namun, akhir Juli saat ini kasus hampir mencapai di angka 1.000 kasus.

Pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung mencatat hingga Sabtu (23/7/2022) kemarin, total kasus konfirmasi mencapai 88.796. Konfirmasi aktif mencapai 33 kasus dan kesembuhan 86.357 serta yang meninggal dunia sebanyak 1.479.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr Ahyani Raksanagara mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 terjadi secara merata di tingkat Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia bahkan dunia. Penyebab kenaikan kasus bervariasi diantaranya karena sub varian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

"Kenaikan kasus terjadi bukan saja terjadi di Kota Bndung melainkan juga di Jawa Barat, nasional dan beberapa negara secara global. Banyak hal yang mempengaruhi selain adanya sub varian tipe yang penyebaran lebih cepat," ujarnya, Ahad (24/7/2022).

Selain itu mobilitas masyarakat saat ini yang tinggi serta kepatuhan menerapkan protokol kesehatan yang menurun berkontribusi terhadap kenaikan kasus Covid-19. Kondisi tersebut menyebabkan transmisi lebih cepat.

"Mobilitas masyarakat sekarang lebih tinggi kemudian juga ada kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan mulai menurun dan juga hal-hal lain yang mengakibatkan transmisi di antara penduduk itu menjadi lebih cepat," ungkapnya.

Ahyani mengatakan antisipasi yang dapat dilakukan untuk menekan laju kasus yaitu meningkatkan kembali protokol kesehatan serta masyarakat untuk segera divaksin booster. Pihaknya sendiri meningkatkan testing dan tracing.

Selain itu pihaknya memantau jamaah haji selama 14 hari setelah kepulangan dengan kartu kewaspadaan kesehatan jamaah. Apabila terdapat keluhan untuk segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas. "Prokes dan lengkapi booster untuk masyarakat," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Sempat Landai, Kasus Aktif Covid-19 di Bandung Capai 960

Varian Baru Bermunculan, Reinfeksi Covid-19 Bisa Terjadi Secepat Ini

Legislator Ajak Masyarakat Waspadai Merebaknya Subvarian BA 2.75

Dinkes Bengkulu Catat Lebih dari 100 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa

Antusiasme untuk Booster Tinggi, Puskesmas Dago Kehabisan Stok Vaksin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image