Ridwan Kamil Komitmen Perluas Desa Digital ke 5.300 Desa di Jabar

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah dengan jumlah pengguna internet tertinggi di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi Jabar untuk dapat memenuhi ketersediaan akses internet yang merata di semua desa. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam forum Side Event of Think 20 (T20) Digital Transformation for Rural and Maritime Area, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memperluas jaringan internet hingga ke 5.300 desa di Jabar lewat Program Desa Digital. 

Baca Juga

"Program ini akan diperluas ke 5.300 desa di seluruh Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Rabu petang (27/7). 

Emil menjelaskan, Desa Digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet. Tujuannya, untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses dan informasi. 

"Layanan publik desa akan didigitalisasi terhubung dengan jaringan nirkabel, memiliki pusat komando, media sosial, promosi, e-commerce, serta aplikasi yang disesuaikan dengan karakter dan potensi ekonomi setiap desa," katanya. 

Menurutnya, program yang sudah berjalan hampir tiga tahun ini bahkan sudah diapresiasi oleh sejumlah negara di Asia Pasifik. 

Emil berharap, forum Side Event T20 berkontribusi melahirkan ide dan tindakan kolaboratif dalam mengatasi isu global seperti perubahan iklim, ketimpangan sosial, transformasi digital pasca pandemi COVID-19, juga Program Desa Digital ini. 

"Saya harap pandangan seluruh perwakilan dapat terakomodir pada forum G20 nanti," katanya. 

T20 merupakan bagian dari Presidensi G20 sebagai platform bagi wadah pemikir (think tank) dan lembaga riset di seluruh dunia. 

Menurutnya, hasil rekomendasi kebijakan yang berbasis riset dan inklusif pada T20 akan dijadikan sebagai pertimbangan bagi para pemimpin di G20. 

"Semoga T20 menghasilkan ide dan inovasi yang menjawab tantangan saat ini, sehingga beberapa negara berkembang dari G20 dapat berpartisipasi dalam menerapkan pemikiran negara-negara maju," katanya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Cegah Perundungan, Ridwan Kamil Minta Guru Awasi Jam-Jam Kritis

Jokowi Apresiasi Dukungan Jepang Atas Presidensi RI di G20

Ajang W20, Peluang Emas Menuju Pasar Mancanegara

Jokowi Sampaikan Undangan KTT G20 ke Xi Jinping

Presiden Jokowi ke China Bahas KTT G20, Investasi, Hingga Utang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image