Polres Garut Bagikan 700 Sepatu untuk Siswa Korban Banjir

Red: Agus Yulianto

Seorang guru membersihkan ruangan kelas yang terendam lumpur akibat banjir bandang Sungai Cimanuk di Sekolah PGRI Garut, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022). Banjir bandang akibat luapan Sungai Cimanuk saat intensitas curah hujan yang tinggi pada Jumat (15/7) kemarin mengakibatkan sejumlah sekolah hingga rumah ibadah rusak berat.
Seorang guru membersihkan ruangan kelas yang terendam lumpur akibat banjir bandang Sungai Cimanuk di Sekolah PGRI Garut, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022). Banjir bandang akibat luapan Sungai Cimanuk saat intensitas curah hujan yang tinggi pada Jumat (15/7) kemarin mengakibatkan sejumlah sekolah hingga rumah ibadah rusak berat. | Foto: ANTARA/Novrian Arbi

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kepolisian Resor Garut membagikan 700 pasang sepatu untuk siswa di sejumlah sekolah yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Garut. Pemberian sepata itu sebagai bentuk perhatian kepada siswa yang kehilangan perlengkapan sekolahnya akibat banjir.

"Total sepatu 700 pasang sepatu, sudah dipastikan ukurannya, untuk SD, SMP, SMA, khusus untuk yang terdampak banjir," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono usai memberikan sepatu secara simbolis kepada siswa di Tarogong Kidul, Garut, Kamis (28/7/2022).

Dia menuturkan, bencana banjir bandang terjadi cukup besar melanda 14 kecamatan. Termasuk, wilayah perkotaan yang menyebabkan perabotan rumah dan peralatan sekolah kotor dan hilang terbawa arus banjir.

Polres Garut, kata dia, mewakili perusahaan sepatu membagikan sepatu secara gratis agar siswa yang terdampak banjir dapat kembali sekolah dengan sepatu barunya." Kami berikan bantuan kepada yang betul-betul terdampak," katanya.

Widhanto menyebutkan, daerah yang menjadi sasaran pemberian bantuan sepatu yakni Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Cikajang, Banyuresmi, dan Banjarwangi. Daerah yang terdampak banjir itu, kata dia, dilaporkan ada siswa yang harus meminjam sepatu saat mau sekolah, untuk itu bantuan sepatu tersebut bisa memberikan dirinya lebih semangat lagi belajar.

Kapolres menambahkan, selain sepatu ada juga bantuan berupa perlengkapan sekolah seperti buku dan seragam sekolah yang sudah diberikan sebelumnya. "Ada bantuan-bantuan untuk seragam, buku, dari polisi, BNPB, masyarakat, yang disampaikan langsung, semoga bisa meringankan," katanya.

Seorang siswa SMP penerima bantuan sepatu, Siti (15 tahun) mengatakan, sepatu satu-satunya terbawa banjir, sehingga saat mau sekolah harus pinjam dulu ke temannya. "Banjir di rumah saya 2 meter (tinggi) sepatu terbawa banjir, alhamdulillah sekarang dapat bantuan sepatu, punya sepatu sendiri," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Siswa di Garut Masih Seberangi Sungai Cimanuk dengan Perahu

Pemprov Jabar Perbaiki 43 Jembatan Rusak Dampak Banjir Garut

Ridwan Kamil: Bencana Garut Jadi Contoh Pemanasan Global

Warga Terdampak Banjir Bandang di Garut akan Direlokasi

Polda Jabar Teliti Indikasi Alih Fungsi Lahan yang Sebabkan Banjir di Garut

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image