Polisi Terapkan Pengamanan Berlapis pada Laga Persib Bandung di Stadion GBLA

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana (kanan) memberikan keterangan pers usai meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022). Menpora bersama Ketua Umum PSSI dan Kapolda Jawa Barat meninjau Stadion GBLA guna memastikan kelayakan dalam penyelenggaraan serta menjadi kandang Persib Bandung dalam pertandingan Liga 1 musim 2022/2023.
Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana (kanan) memberikan keterangan pers usai meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022). Menpora bersama Ketua Umum PSSI dan Kapolda Jawa Barat meninjau Stadion GBLA guna memastikan kelayakan dalam penyelenggaraan serta menjadi kandang Persib Bandung dalam pertandingan Liga 1 musim 2022/2023. | Foto: ANTARA/Novrian Arbi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polisi akan menerapkan pengamanan berlapis pada laga liga 1 Persib Bandung melawan Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (30/7/2022). Ribuan personel akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan mengantisipasi penumpukan.

"Kita sudah mempersiapkan pengamanan, pertama kita sudah merencanakan dan menurunkan ribuan personel. Itu terdiri dari beberapa komposisi dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo, Jumat (29/7/2022).

Dia mengatakan, konsep pengamanan akan menggunakan sistem ring dan beberapa penyekatan serta barikade. Pengamanan berlapis dilakukan untuk menyeleksi penonton yang memiliki tiket dan dapat masuk ke dalam stadion.

"Beberapa ring yang akan kita laksanakan, pertama dari regulasi jalan (ring empat), ring ini akan meregulasi bagi yang tahap pertama apabila tidak punya tiket, akan langsung berjalan, dan tidak tinggal di tempat, otomatis yang punya tiket bisa masuk ke dalam," katanya.

Pada pengamanan di ring kedua dan ketiga pun tidak jauh berbeda. Selanjutnya pada ring satu atau di stadion dilakukan pemeriksaan barcode. Sehingga otomatis pengamanan dilakukan.

"Tujuan pengamanan ini adalah untuk tidak ada penumpukan sehingga nanti bisa tertib untuk masuk ke tempat pertandingan," katanya.

Pihaknya juga melakukan sterilisasi objek wilayah pengamanan. Pelaksanaan sterilisasi diharapkan tidak akan muncul potensi permasalahan keamanan dan ketertiban seperti membawa flare, membawa senjata tajam, minuman keras.

"Itu sangat tidak dibolehkan di tempat," ungkapnya. Pihaknya akan melaksanakan razia operasi dan patroli terhadap orang-orang yang membawa barang tersebut dan  menggeledah sehingga tidak akan dibiarkan masuk ke stadion.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pelatih Persib Bandung Soroti Kemenangan Besar yang Diraih Madura United

Pelatih PSM Minta Suporter Padati Stadion Saat Jamu Bali United

Tujuh Pemain Persija Jakarta Ramai-Ramai Ganti Nomor Punggung

Persib Tunggu Izin Turun Sebelum Jual Tiket

Penonton Pertandingan Persib di Stadion GBLA Wajib sudah Divaksin Booster

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image