Kota Bogor Gelar Upacara Bendera Selama Agustus di Tugu Kujang

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra

Anggota pecinta alam memanjat Tugu Kujang untuk dibersihkan di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022).
Anggota pecinta alam memanjat Tugu Kujang untuk dibersihkan di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Semarak menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia di Kota Bogor semakin terasa. Salah satunya ditandai dengan upacara bendera merah putih di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor yang digelar selama bulan Agustus 2022.

Pada Senin (8/8/2022), upacara melibatkan sejumlah perwakilan dari komunitas motor di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Seluruh aktivitas dan lalu lintas dihentikan sementara untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Koordinator Publikasi Festival Merah Putih (FMP) 2022, Benyamin Mboh, mengatakan, upacara bendera diadakan sebagai rangkaian perayaaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Kota Bogor. Upacara dilaksakanan setiap hari di Tugu Kujang selama bulan Agustus.

"Ini satu bulan penuh dari tanggal 1 sampai tanggal 31 Agustus Festival Merah Putih melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera melibatkan seluruh komunitas di Kota Bogor," ucap Benny di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Dia menjelaskan, upacara bendera dilaksanakan di Tugu Kujang karena sebagai pusat atau jantung Kota Bogor. Sehingga, upacara itu bisa diikuti dan dilihat seluruh masyarakat dan pengendara yang sedang melintas.

"Kita bisa lihat ketika lagu ini seraya berkumandang merah putih naik seluruh aktivitas di sini terhenti lalu lintas terhenti masyakat yang melintas mereka pun melakukan penghormatan itu sebuah simbol bahwa merah putih berkibar di hati kita," ujar Benny.

Wakapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan selaku inspektur upacara, menyambut baik kegiatan upacara bendera di Tugu Kujang. Dia berharap, upacara yang melibatkan semua unsur masyarakat bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme dan memberikan dampak positif bagi Kota Hujan.

"Tentunya kegiatan ini sangat postif karena ini bisa mengajak peran serta aktif masyarakat khususnya di Kota Bogor untuk bersama menyemarakan membangun semagat kebangsaan dalam menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia dan tentunya kegiatan ini kita harapkan bisa membawa dampak postif untuk masyarakat Kota Bogor," ujar Ferdy.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


HUT RI, Pemkot Bogor Angkat Wisata Lokal dan Kibarkan Bendera Sebulan

Bima Arya Ingin Tugu Kujang Terintegrasi Seperti Bundaran HI

Pemkot Tata Kawasan Tugu Kujang Jadi Bundaran HI Kota Bogor

Pemkot Bogor Berencana Revitalisasi Tugu Kujang

Babakti Tugu Kujang, Aksi Budaya dan Bersih-bersih Tugu Kujang Bogor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image