Nyaris Terkam Pemancing, Warga di Bantarjaya Tangkap Buaya Lepas

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Buaya 1,5 meter ditangkap warga dari sungai Sungai Cisadane. (Ilustrasi)
Buaya 1,5 meter ditangkap warga dari sungai Sungai Cisadane. (Ilustrasi) | Foto: dok. Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Warga di Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor menangkap seekor buaya dari aliran Sungai Cisadane. Buaya tersebut nyaris menerkam warga yang sedang memancing.

Menurut salah satu warga, Agustin, peristiwa itu terjadi sekira pukul 11.00 WIB. Awalnya, dirinya yang sedang memancing melihat hewan mirip biawak menghampirinya di pinggir sungai.

“Ada yang nyamperin saya kira biawak, nggak lama saya mau tangkep saya lihat badannya gede saya lari,” kata Agustin kepada wartawan, Rabu (10/8).

Dari situ, Agustin memanggil teman-temannya di sekitar lokasi dan berupaya menangkap buaya tersebut. Buaya sempat melakukan perlawanan hingga akhirnya berhasil ditangkap warga dan diikat.

“Sempet ngelawan, itu ada yang kena beling tadi pas narik-narik kendor kena beling, tiga kali lepas. Pas ketiga kali pindah ke sana ke seberang (sungai) lawan arus di situ baru kena (tertangkap),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Rohmat mengaku, baru pertama kali melihat ada buaya di sekitar lingkungannya. Ia bersyukur, buaya dengan panjang sekitar 1,5 meter itu berhasil ditangkap.

“Kalau nggak salah delapan orang nangkep buaya itu. Kan jarang buaya di Cisadane paling yang ada biawak. Kalau tidak ditangkap sangat membahayakan,” ucap Rohmat.

Saat ini, buaya tersebut itu masih menjadi tontonan warga. Rohmat menduga, buaya yang berhasil ditangkap bukan hewan liar melainkan peliharaan yang lepas.

“Saya bingung ini buaya mau dikemanain jadi tontonan warga. Kayaknya bukan liar soalnya bersih. Baru ini ketangkep buaya. Saya juga sangsi, biasanya biaawak dibilang buaya ternyata asli buaya,” ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tangerang Kini Punya Wisata Perahu Kano

PDAM Kota Bogor Sebutkan Bahaya Sampah di Sungai Cisadane

Sandiaga Dukung Pengolahan Limbah Sungai Cisadane Jadi Produk Ekraf

PDAM Tirta Benteng Siapkan Truk Tangki Suplai Air ke Pelanggan

Walkot Tangerang Minta Dukungan Komisi V DPR untuk Normalisasi Cisadane

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image