Petang Ini, Ekspedisi Kebangsaan Cirebon–Bandung Sampai di Majalengka

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, melepas Ekspedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung, yang akan menempuh jarak sekitar 127 kilometer, dengan titik berangkat di Stadion Madya Bima Kota Cirebon, menuju Bandung, Rabu (17/8/2022). Ekspedisi Kebangsaan membawa misi untuk mengkampanyekan pentingnya pencegahan dan penanganan stunting.
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, melepas Ekspedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung, yang akan menempuh jarak sekitar 127 kilometer, dengan titik berangkat di Stadion Madya Bima Kota Cirebon, menuju Bandung, Rabu (17/8/2022). Ekspedisi Kebangsaan membawa misi untuk mengkampanyekan pentingnya pencegahan dan penanganan stunting. | Foto: Humas Kota Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Tim Ekspedisi Cirebon-Bandung penuh semangat menapaki setiap langkah, Rabu (17/8/2022). Berangkat dari Kota Cirebon usai upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,  tim tiba di Koramil 1712/Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, saat memasuki waktu Magrib.

Di sana, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, menyerahkan 100 paket berisi beras dan makanan bergizi lainnya kepada Koramil setempat, untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

Baca Juga

Saat penyerahan bantuan paket beras dan makanan bergizi tersebut, Nashrudin Azis menitipkan kepada jajaran di Koramil 1712/Jatiwangi untuk masyarakat yang membutuhkan.

‘’Nanti pihak Koramil dibantu Muspika setempat mendistribusikan paket bantuan ini. Semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,’’ kata Azis.

Titik tersebut merupakan lokasi kedua pembagian paket beras dan makanan bergizi. Sebelumnya, sekitar pukul 14.30 WIB, tim sampai di Balai Desa Palimanan Timur, Kabupaten Cirebon, dan melakukan pembagian paket serupa.

Azis mengungkapkan, ekspedisi kebangsaan merupakan salah satu upaya untuk mengampanyekan pentingnya pencegahan stunting atau gagal tumbuh kembang anak. Hal tersebut guna menyongsong Indonesia emas tahun 2045.

‘’Mari bersama-sama kampanyekan stop stunting untuk Jabar Juara,’’ tukas Azis di hadapan jajaran Koramil setempat.

Di tempat yang sama, Peltu Joko Santoso, Batuud Koramil 1712/Jatiwangi berterima kasih atas kepedulian Pemda Kota Cirebon dalam pencegahan stunting. Setelah menerima paket bantuan tersebut, pihaknya akan mendata keluarga yang memiliki balita gizi buruk dan stunting. Selanjutnya, bantuan itu akan disalurkan.

‘’Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota Cirebon dan Pemda Kota Cirebon. Semoga bermanfaat untuk masyarakat di sini yang membutuhkan,’’ tukas Joko.

Sementara itu, Tim Keluarga Berencana (TKB) Kecamatan Jatiwangi, Didi Suwardi juga berterima kasih dan mengapresiasi kepedulian Pemda Kota Cirebon. Dia menilai, kampanye pencegahan stunting penting dilakukan semua pihak.

‘’Luar biasa kepedulian Pemda Kota Cirebon dalam pencegahan stunting. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih,’’ cetus Didi.

Seperti diketahui, Pemda Kota Cirebon melakukan Ekspedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung dengan berjalan kaki. Ekspedisi Kebangsaan itu akan menempuh jarak sekitar 127 kilometer, dengan titik berangkat di Stadion Madya Bima Kota Cirebon.

Adapun finishnya, di Gedung Sate Kantor Pemda Provinsi Jawa Barat di Bandung.

Ekspedisi tersebut diikuti oleh 77 peserta yang terdiri dari unsur Pemda Kota Cirebon, TNI, Polri, dan unsur masyarakat. Mereka terbagi menjadi 11 regu pejalan kaki dan secara estafet tiap regu akan berjalan sejauh 12 kilometer.

Sepanjang perjalanan, tim ekspedisi akan singgah di lima daerah yang dilalui. Yakni, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung. Mereka akan memberikan 100 paket makanan bergizi untuk setiap daerah yang dilalui.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Presidensi G20 Jadi Semangat Bangkit Lebih Kuat

Lomba Panjat Pinang Warga Tanah Abang

Menkes Sebut Keramaian HUT RI Jadi Tanda Pandemi Covid-19 Terkendali

Tujuan Indonesia Merdeka Agar tak Tercerai-berai dan Diadu Domba

Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka (1)

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image