Gekrafs Depok Festival Hadirkan Puluhan Pelaku UMKM

Red: Fernan Rahadi

Acara pelantikan pengurus Bekrafs DPC Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2022) lalu.
Acara pelantikan pengurus Bekrafs DPC Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2022) lalu. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Gekrafs Depok Festival 2022 hadir pada di Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2022) lalu. Panitia dalam acara itu menghadirkan puluhan pelaku UMKM dari berbagai subsektor seperti kuliner, kriya, musik, fesyen, seni rupa, TV dan radio, penerbitan, design interior, pertunjukan seni, fotografi, film animasi dan video, serta arsitektur. 

Acara Gekrafs Depok Festival kemarin dibuka dan dimulai dengan penampilan perform palang pintu Betawi Kota Depok, performa subsetor musik bersama artis lokal, dan performa Tarian Betawi oleh penari dua putri Depok. Acara dilanjutkan prosesi pelantikan pembacaan janji setia kepada NKRI dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia serta diakhiri dengan penyerahan Panji Gekrafs dari Pasukan Pengibar Bendara (Paskibraka) Putra Kota Depok kepada ketua DPC Gekrafs Kota Depok, Aditya M. Ridwan. 

Puluhan UMKM tersebut meggelar lapak disepanjang jalan masuk menuju arena pelantikan Gekraf DPC Kota Depok. "Gerakan Komunitas Bekraf DPC Kota Depok sangat peduli serta melakukan upaya memerdekakan insan-insan sosial kreatif dari kungkungan, batasan-batasan yang selama ini membuat keadaan menjadi kaku, susah bergerak dan akibatnya generasi muda kreatif susah untuk tumbuh," ujar Ketua DPC Gekrafs Kota Depok Aditya M Ridwan dalam siaran pers, Ahad (28/8/2022).

Perlu diketahui,  kata Aditya, Generasi pelaku Ekonomi Kreatif saat ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Pendapat tersebut bukan isapan jempol belaka.  "Kita tahu, perubahan zaman tidak bisa dibendung, zaman semakin cepat berubah, tantangan dan potensi ekonomi berjalan beriringan.  Apabila generasi muda tidak bisa mengikuti akan tertinggal. Begitu sebaliknya, apabila generasi muda Indonesia kreatif, dapat dipastikan bisa memanfaatkan peluang yang ada," kata Aditya.

Menurut Aditya, pada zaman teknologi canggih seperti sekarang banyak peluang banyak hal. Peluang yang paling mudah adalah menjadi pelaku pembuat konten (content creator) Youtube. 

"Di Youtube siapapun  bisa mengeksplor nalar kreatif berbasis multimedia.  Mau itu stand up, penyanyi, pelawak, gelar budaya, atau menawarkan jasa sekalipun.  Belum lagi kesempatan yang ada bagi  pelaku UMKM. Mereka bisa melakukan jualan dengan cara lebih kreatif dan menguntungkan, yakni melalui  marketplace," tuturnya.

Ia menambahkan Kota Depok mempunyai banyak peluang dan potensi yang perlu digali, dikawal dan hingga dikembangkan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 1,46 juta jiwa (70,81 persen) penduduk Kota Depok merupakan usia produktif.  "Ini peluang. Kami menghargai dan mengapresiasi kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif yang saat ini ikut hadir meramaikan Gekrafs Depok Festival 2022, yang menjadi rangkaian kegiatan Pelantikan Gekraf DPC Kota Depok," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir secara virtual Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno. Dalam sambutannya secara virtual, Sandiaga Uno mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Bekraf DPC Kota Depok.

Sandiaga berharap Bekrafs Kota Depok bisa memberi kontribusi membantu pengembangan ekonomi Kreatif, terutama kepada pelaku ekonomi 17 Subsektor.  Bagi Sandiaga, Kota Depok berpotensi mengembangan ekonomi kreatif, karena di Kota Depok banyak pelaku ekonomi kreatif yang sukses dan bisa diajak kolaborasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Sandiaga Ajak Sampoerna Berkolaborasi Dukung UMKM

Kunjungan Wisman Tahun 2023 Ditargetkan Hingga 7,4 Juta

Jalan Pagi Komengsong, Kisah Perbedaan

Menparekraf: Desa Wisata Dayun Punya Paket Lengkap

Sandiaga: Wisata Kepulauan Seribu Ciptakan 35 Ribu Lapangan Kerja

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image