Senin 29 Aug 2022 20:18 WIB

Gas yang Menyembur dari Sumur Warga di Tasikmalaya Diduga Metana

Warga diminta waspada dan tidak melakukan aktivitas di sekitar sumur bor

Sumur/ilustrasi
Sumur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Tim peneliti menduga gas yang menyembur dari sumur bor milik warga di wilayah Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, merupakan gas metana yang terperangkap di dalam tanah, kata pejabatDinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup.

"Diduga dari gas metan yang terperangkap di dalam tanah karena lokasi tersebut bekas rawa," kataKepala Bidang Lingkungan Hidup Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Aneu Susana saat dihubungi melalui telepon seluler dari Garut, Senin (29/8/2022).

Baca Juga

"Berdasarkan hasil peninjauan lapangan tanggal 28 Agustus sudah tidak tercium bau gas," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa dinas sudah meminta warga waspada dan tidak melakukan aktivitas di sekitar sumur bor yang mengeluarkan semburan gas.Warga juga diminta tidak mengonsumsi air dari sumur bor tersebut.

 

Semburan gas di Sukaratudiketahui setelah tukang sumur mendengar suara gemuruh dari dalam sumur saat melakukan penggalian padaJumat (26/8/2022). Gas yang keluar dari sumur itu menyala saat disulut sehingga penggalian sumur kemudiandihentikan.

Polisi sudah memasang garis polisi di lokasi penggalian sumur bor. Aneu mengatakan,Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup sudah melaporkan perihal semburan gas dari sumur warga di SukaratukeDinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement