Tekan Penyebaran HIV-AIDS Remaja, Pendidikan Seks Jadi Salah Satu Kunci 

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Jora Nilam Judge, anggota Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai NasDem.
Jora Nilam Judge, anggota Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai NasDem. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tingginya angka penyebaran virus HIV khususnya di kalangan anak muda dan perempuan mengundang keperihatinan dari berbagai pihak. Salah satunya, Jora Nilam Judge, anggota Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai NasDem.

Menurut Jora, fenomena ini terjadi salah satunya akibat minimnya pendidikan moral dan agama. Serta kurangnya edukasi seks khususnya kepada generasi muda. Karena, saat ini masih banyak orangtua yang merasa tabu untuk memberikan edukasi tersebut kepada anak-anaknya.

"Sex education ini masih menjadi hal tabu," ujar Jora di sela-sela keikutsertaannya pada Kemah Restorasi dan Sekolah Kader Partai NasDem Jawa Barat, di Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (2/9).

Jora mengatakan, akibat minimnya pendidikan seks di kalangan anak muda, membuat mereka berjalan sendiri dalam mencari tahu tentang hal tersebut.

Bahkan, kata dia, tak jarang di antara anak muda yang melakukan seks bebas ini, memicu adanya berbagai penyakit kelamin. Sehingga, kata Jora, perlu kerja keras dalam meminimalisasi penyebaran virus HIV terutama yang bersumber dari seks bebas. Salah satunya dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi dan media sosial.

"Efek media yang diakses masyakarat, seperti youtube, itu berpengaruh kepada perilaku yang mengarah kepada seks bebas," katanya.

Oleh karena itu, Jora kembali mengingatkan, perlunya kerja keras berbagai pihak. Termasuk dalam menyaring tontonan yang berbau pornografi.

"Dengan banyaknya angka kasus (penyebaran HIV) saat ini, ini menandakan kita perlu kerja keras lagi," ucap bakal calon anggota DPR RI dari Partai NasDem daerah pemilihan Kabupaten Bogor tersebut. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Gelora Muda Jabar Sebut tak Pantas Wagub Jabar Beri Himbauan Poligami

Dinkes Cianjur Lakukan Berbagai Upaya Tekan Angka ODHA

Dinkes Bandung: HIV-AIDS Mudah Terdeteksi jika Stigma Hilang

Cegah LGBT, BSMI Jakarta Berikan Pendidikan Seks  kepada Santri

Cegah Anak Jadi Korban Pelecehan, Kak Seto: Bangun Komunikasi dengan Buah Hati

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image