Nasdem Apresiasi Anies Siap Capres: Berani dan Jujur

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, langkah tersebut menunjukkan sikap yang berani dan jujur.

"Kenapa saya apresiasi, kemarin Pak Anies di awal menyatakan bersedia maju sebagai capres, itu bagi saya adalah berani, jujur, dan kemudian memberikan kesempatan kepada masyarakat," ujar Ali saat dihubungi, Senin (19/9).

Anies, jelas Ali, secara tidak langsung sudah membuka ruang publik untuk menyampaikan masukan dan kritik untuknya jelang Pilpres 2024. Gubernur DKI Jakarta itu juga telah membuka kesempatan bagi partai politik untuk melihat rekam jejaknya.

"Ya artinya, dia sudah akan melepas masa jabatannya, sudah disetujui oleh DPR dan kemudian dia menyatakan mendeklarasikan bahwa 'saya siap mencalonkan diri sebagai capres', ketika diusung oleh partai politik," ujar Ali.

Seharusnya, langkah tersebut diikuti oleh sosok-sosok lain yang santer dikabarkan ingin maju sebagai capres. "Jangan mau nyapres, tapi malu-malu kucing," ujar Ali.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku, belum ada partai politik yang memanggil atau mengusungnya untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024. Namun demikian, Anies menuturkan akan melaksanakan tugas jika dirinya dipanggil untuk bertarung memperebutkan kursi presiden.

"Kalau ada panggilan kita tunggu sekarang belum ada panggilannya. Saya tuntaskan dulu tugas hingga selesai, setelah itu jangan dibalik seakan-akan saya yang dibalik, bukan," kata Anies saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Ahad (18/9/2022).

Anies menjelaskan, masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta tersisa tinggal sebulan. Setelah itu, dirinya akan mempersiapkan langkah selanjutnya termasuk perkembangan terkait calon presiden.

Anies mengungkapkan, dirinya selalu siap terlibat dalam seluruh kegiatan atau panggilan tugas, terlebih untuk kebaikan masyarakat. "Setiap kali ada panggilan tugas, yaitu untuk kebaikan masyarakat, untuk kebaikan semua maka saya selalu katakan siap," ujar Anies.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PKS Berharap Koalisi dan Capresnya Diumumkan Akhir Tahun

Anies Nyatakan Siap Jadi Capres, Nasdem: Berani dan Jujur!

Sambangi Anies, Yenny Wahid Penasaran Soal Formula E

Nasdem: Jangan Mau Nyapres, Tapi Malu-Malu Kucing

Bertemu Ahok di Pondok Indah, Ini Klarifikasi Anies Baswedan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image