Badut Jalanan di Sukabumi Ditertibkan

Red: Agus Yulianto

Pengamen cosplay Darmunah (75 tahun) menyusuri jalanan mencari nafkah. Wanita asal Cilacap ini 2 bulan terakhir menjadi badut jalanan dengan mengenakan kostum tokoh kartun Walt Disney Elsa dari film Frozen. (Ilustrasi)
Pengamen cosplay Darmunah (75 tahun) menyusuri jalanan mencari nafkah. Wanita asal Cilacap ini 2 bulan terakhir menjadi badut jalanan dengan mengenakan kostum tokoh kartun Walt Disney Elsa dari film Frozen. (Ilustrasi) | Foto: Yogi Ardhi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Sosial (Dinsos) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Taruna Siaga Bencana menggencarkan penjangkauan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Langkah tersebut untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait PMKS seperti keberadaan badut di jalanan.

Upaya ini, misalnya, dilakukan sekitar kawasan Degung, Lapang Merdeka dan Alun-Alun Sukabumi pada 13 September dan 16 September 2022 lalu. Kepala Dinsos Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti aduan masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya.

"Salah satunya keberadaan para badut jalanan yang dianggap menganggu para pengendara," ujar Punjul, Senin (19/9/2022). 

Dalam penjangkauan pada 13 September 2022 lalu yang juga menyasar para pengamen tersebut, terdata 10 orang yang di antaranya berasal dari luar Kota Sukabumi.

Punjul menambahkan, sepuluh orang yang terjaring tersebut diimbau untuk dapat mencari pekerjaan yang lebih baik. Secara khusus, bagi PMKS yang merupakan warga Kota Sukabumi, dihimbau untuk mengikuti berbagai program pelatihan yang sering diadakan oleh pemerintah.

Lebih lanjut Punjul menerangkan, khusus penjangkauan pada 16 September 2022 lalu turut dilibatkan pula unsur Dinas Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Harapannya, berbagai upaya ini dapat menekan keberadaan badut jalanan dan anak punk yang dianggap meresahkan warga.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Badut Jalanan yang tak Lagi Menghibur

Pesantren Santri Punk di Ciputat Tangerang

Satpol PP Tertibkan Anak Punk karena Meresahkan Warga

Pengunjung Taman Gajah Bandar Lampung Dianiaya Anak Punk

Yanti Lidiati Rangkul Ibu-Ibu dan Anak Punk Lebih Produktif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image