SRI Apresiasi Erick Thohir yang Bantu Perbaikan Puskesmas Warga Badui

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri BUMN Erick Thohir berfoto bersama nelayan saat melakukan pengecekan Program Solusi Nelayan di Cilacap. Sahabat Relawan Indonesia (SRI) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang membantu perbaikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Nangerang di Kecamatan Cirinten, pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. Selama ini, Pustu Nangerang melayani masyarakat Badui.
Menteri BUMN Erick Thohir berfoto bersama nelayan saat melakukan pengecekan Program Solusi Nelayan di Cilacap. Sahabat Relawan Indonesia (SRI) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang membantu perbaikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Nangerang di Kecamatan Cirinten, pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. Selama ini, Pustu Nangerang melayani masyarakat Badui. | Foto: Dok Kementerian BUMN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat Relawan Indonesia (SRI) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang membantu perbaikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Nangerang di Kecamatan Cirinten, pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. Selama ini, Pustu Nangerang melayani masyarakat Badui. 

“Dengan perbaikan pustu itu dapat melayani kesehatan dasar juga pengobatan masyarakat Badui dan warga sekitarnya,” kata Koordinator SRI Muhammad Arif Kirdiat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Perbaikan Pustu Nangerang tersebut dilakukan setelah dua tahun terbengkalai dan tidak dimanfaatkan untuk pusat pelayanan kesehatan.

Saat itu, Menteri BUMN berkunjung ke pemukiman Badui untuk melihat kondisi masyarakat adat Badui yang menjadi korban kebakaran hingga mengakibatkan puluhan kepala keluarga terdampak.

 Dari situlah, Arif melobi Erick Thohir dan mengabulkan perbaikan Pustu Nangerang. Sementara, untuk operasional bulanan dibantu oleh Alfamart yang memberi ambulans yang siaga di daerah itu.

Tim dokter banyak dibantu teman-teman dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan relawan lainnya.

"Kami mengganti pustu itu menjadi Poskesdes Saung Sehat Badui. Kalau pustu harus berada di bawah puskesmas, namun Poskesdes diprakarsai oleh desa dengan tenaga medis mandiri," katanya. 

Selama ini, kata Arif, kegiatan sosial kesehatan di Badui sejak setahun terakhir, tercatat 5.700 pasien dengan beragam penyakit.

Dua Poskesdes di Nangerang (Badui Selatan) dan Ciboleger (Badui Utara) melayani selama 6 hari (Senin-Sabtu) dan kunjungan rutin keliling kampung ke kampung bersama dokter, perawat dan bidan.

"Kami bergerak di Badui dengan aksi sosial kesehatan dilakukan sejak setahun terakhir setelah mendapat surat mandat dari Jaro Saija atau tokoh adat masyarakat Badui," katanya.

Arif mengatakan berbagai penyakit telah terpetakan dan dicarikan solusi baik keluarga pasien mulai dari keluarga Jaro, warga biasa hingga warga luar Badui.

Pekan lalu, saat muncul demam, batuk dan lemas terdeteksi di Badui Selatan dan tim dokter bergerak dan mencoba mengambil sampel darah guna penelitian laboratorium.

Usul ini dilontarkan dr Sari Lestari dan sampel diambil oleh perawat senior Kang Ali Fahmi di bawah supervisi dr Eling. 

Pada hari kedua observasi, dilakukan dr Omat Rachmat Hasbullah ikut terjun langsung ke lapangan memantau kondisi beberapa pasien demam yang melanda anak-anak di Badui wilayah selatan. Beberapa kegiatan kerap dilakukan hingga malam hari dan kadang petugas medis harus kehujanan.

Tidak semua tim medis mau dibayar dan bahkan kerap para dokter yang membelikan obat, susu, hingga bensin mobil."Kami sangat memahami kondisi pasien tertentu yang sudah parah, namun menemui hambatan. Kami melakukan pendekatan dan hati-hati untuk memahami adat serta budaya di Badui agar tidak bentrok dan tetap bisa jalan dengan aman dan tenang," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Sembilan Warga Badui Meninggal Akibat Suspek Campak dan Tb

Erick Thohir: Pemerintah Tetap Pertahankan Subsidi Listrik

Erick: BUMN tak Punya Rencana Hapuskan Listrik 450 VA

Netizen Doakan Ayah Erick Thohir

Erick Thohir Dorong Program Santri Magang di 33 BUMN

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image