Puluhan Rumah di Karangpawitan Garut Rusak Akibat Cuaca Ekstrem

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Petugas BPBD Kabupaten Garut melakukan asesmen di lokasi terdampak bencana angin puting beliung. (Ilistrasi)
Petugas BPBD Kabupaten Garut melakukan asesmen di lokasi terdampak bencana angin puting beliung. (Ilistrasi) | Foto: Dok. BPBD Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sebanyak 22 unit rumah du Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, dilaporkan mengalami kerusakan akibat diterjang hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang pada Rabu sore (21/9/2022). Tak hanya rumah, sejumlah fasilitas umum di wilayah itu juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, mengatakan, berdasarkan laporan sementara, terdapat sembilan unit rumah di Kampung Cireundeu Tengah, Desa Godog, Kecamatan Karangpawitan, yang mengalami kerusakan. Sementara di Desa Tanjungsari, terdapat 13 unit rumah yang mengalami kerusakan.

"Umumnya rusak di bagian atap," kata dia, Kamis (22/9/2022).

Selain merusak rumah warga, sejumlah fasilitas umum di wilayah itu juga mengalami kerusakan. Fasilitas umum yang dilaporkan rusak antara lain MCK, masjid, dan empat kandang hewan ternak.

Menurut Satria, BPBD Kabupaten Garut telah melakukan langkah cepat dengan melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Karangpawitan dan desa setempat. Petugas juga telah melakukan asesmen ke lokasi kejadian.

Dia menambahkan, petugas bersama warga juga telah melakukan pembersihan material yang dilakukan secara gotong-royong. Alhasil, tak ada warga yang mengungsi akibat kejadian itu.

"Hingga Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB masyarakat setempat sudah dalam keadaan kondusif dan tidak ada yang diungsikan, serta asesmen akan kembali dilanjutkan hari ini bersama dengan dinas-dinas terkait," kata dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kompensasi Ternak Mati dari Pusat Hanya untuk Peternak Kecil

160 Pohon di Kota Bogor Segera Memiliki KTP Pohon

BMKG: Cirebon Berpotensi Dilanda Hujan dan Angin Kencang

Australia Barat akan Hadapi Badai Besar

Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Ciayumajakuning

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image