Puluhan Milenial Bandung Antusias Ikuti Pelatihan UMKM Go Digital

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Superteam Consultant, menggelar Talkshow yang bertema Transformasi Digital, UMKM Bangkit, belum lama ini. (Istimewa)
Superteam Consultant, menggelar Talkshow yang bertema Transformasi Digital, UMKM Bangkit, belum lama ini. (Istimewa) | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Secara umum, UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama. Khususnya dalam kegiatan ekonomi dan penyedia lapangan kerja terbesar. 

Menurut Leader Superteam Consultant, Tengku Muhamad Syahreza Renaldi, dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan oleh sektor UMKM. Salah satu dampak yang ditimbulkan karena adanya pandemi ini misalnya rata-rata penurunan penjualan dan laba usaha UMKM sebesar 61 persen. 

Sehingga, UMKM juga terpaksa melakukan pengurangan jumlah karyawan sebesar 22 persen. "Oleh karena itu, UMKM harus siap dalam menghadapi masa pasca pandemi dengan bertransformasi ke dalam ekosistem digital. Yakni, mulai dari mempersiapkan tim dan juga teknologi apa saja yang harus diterapkan dalam transformasi digital ini," ujar Tengku, Kamis (29/9).

Tengku mengatakan, untuk membantu UMKM Go Digital sekaligus dalam rangka syukuran satu tahun berdirinya Superteam Consultant, pihaknya menggelar Talkshow yang bertema “Transformasi Digital, UMKM Bangkit”, belum lama ini. Hadir, pada talkshow tersebut Kang Dewa Eka Prayoga, Feny Mustafa (Founder Shafira), Yana Priatna(Founder Yan Proland) & Irfan Hadi Nugraha (Business Development Shopee). 

"Gelaran UMKM bangkit ini diikuti oleh 70 milenial se Bandung Raya," katanya.

Para pelaku UMKM milenial ini, kata dia, terlihat sangat semangat mengikuti kegiatan karena ingin meningkatkan daya jual mereka. Para UMKM pun punya semangat baru lagi apalagi pembicara yang dihadirkan dalam talk show adalah tokoh-tokoh handal. Yakni, dari pengusaha muda hingga pengusaha berpengalaman. 

"Di acara ini kami memberikan pemahaman terkait hal yang harus diperhatikan di digital marketing. Serta bagaimana menggenjot penjualan di onlen beserta trik dan tipsnya," kata Tengku. 

Dia mengatakan, para UMKM milenial juga diajarkan bagaimana menggunakan sosial media (sosmed). Menurutnya, Superteam Consultant melakukan inisiasi mendampingi para UMKM untuk beralih ke digital Sejak tahun 2021. 

Superteam Consultant telah memfasilitasi transformasi digital ratusan pelaku UMKM dalam menjalankan strategi digital marketing. Sekaligus mempersiapkan sumber daya manusianya. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Ini Strategi Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1 dalam Mendorong UMKM 'Naik Kelas'

100 UMKM Didampingi untuk Go Digital Dalam Gerakan AKAR Digital Indonesia di Jateng

MES: Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Halal Semakin Tinggi

Menteri Erick Dorong UMKM Isi Kebutuhan Barang dan Jasa Perusahaan BUMN

Erick Thohir Berharap Terjadi Transaksi UMKM di Ajang G20

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image