JQR Gelar Kompetisi SAR Sungai di Kabupaten Garut

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Jabar Quick Response atau JQR River Rescue Challenge (JRRC) secara resmi dimulai pada Kamis (29/9/2022). Sebanyak 420 partisipan akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Sungai Cimanuk tersebut.

Ketua Panitia JRRC, Sandi Prisma Putra, mengatakan, pihaknya sengaja memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi kegiatan tersebut. Pasalnya, Kabupaten Garut merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi risiko bencana paling tinggi, terutama kebencanaan hidrometeorologi.

"Jadi kegiatan sebagai salah satu bentuk edukasi sebetulnya dalam mitigasi kebencanaan, selain daripada kompetisi," kata dia melalui siaran pers, Kamis (29/9/2022).

 

photo
Wartawan dari berbagai daerah di Jawa Barat berlatih menggunakan perahu karet pada Workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana yang digelar Jabar Quick Response dan Diskominfo Jawa Barat, di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut. (Edi Yusuf/Republika)
 

Menurut dia, kegiatan yang akan diikuti oleh sekitat 420 partisipan, itu bertujuan untuk membentuk community development. Dengan begitu, komunitas yang ada dapat melakukan mapping potencial skill terkait river rescue.

"Nantinya diharapkan dapat tercipta suatu _smart cluster, sehingga kita punya data dari mana saja yang kira-kira mempunyai kemampuan secara expert untuk melakukan penyelamatan terhadap survivor dalam kondisi kebencanaan di sungai," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menyebut ajang JRRC pada hingga hingga 2 Oktober 2022 akan membantu mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Garut. Terlebih, kegiatan itu diikuti oleh peserta di beberapa daerah, baik dari Jabar maupun dari luar Jabar.

"Kami tentu sangat mendukung kegiatan ini. Garut ini kan kota wisata, jadi pasti perlu event. Ini adalah sarana promosi, minimal yang hadir tadi ini dari berbagai provinsi," kata dia.

Dia juga berterima kasih kepada Gubernur Jabar beserta panitia karena telah melaksanakan ajang JRRC di Kabupaten Garut. Kegiatan itu dinilai dapat menjadi sarana bagi Pemkab Garut untuk menyiapkan relawan yang terlatih dalam level penyelamatan atau rescue.

Helmi berharap, ajang JRRC bis menjadi event rutin. Bahkan, dia ingin, ke depannya kegiatan itu dapat diselenggarakan dengan skala internasional dengan mengundang peserta dari negara tetangga.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Workshop Jurnalis Sadar Risiko Bencana

Pelatihan SAR Water Rescue bagi Wartawan

Puluhan Siswa di Lengkongjaya Sebrangi Sungai Cimanuk dengan Perahu Karet

Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang, Siswa Terpaksa Menyeberangi Sungai Cimanuk

Banjir Bandang Garut Akibat Kerusakan Lahan di Hulu Sungai Cimanuk

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image