Gandeng ITB, Sukabumi Latih Pemasaran Produk UMKM lewat Gamifikasi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Gandeng ITB, Sukabumi Latih Pemasaran Produk UMKM lewat Gamifikasi (ilustrasi).
Gandeng ITB, Sukabumi Latih Pemasaran Produk UMKM lewat Gamifikasi (ilustrasi). | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk membantu pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya di Kota Sukabumi dengan menggerakkan pelatihan pemasaran dengan menerapkan sistem gamifikasi.

''Bisnis usaha UMKM yang dilakukan di Kota Sukabumi bisa mengikuti program pelatihan Peningkatan kompetensi pemasaran digital,'' ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, Ahad (2/10/2022). Di mana, pelatihan UMKM Sukabumi dengan sistem terintegrasi berbasis gamifikasi menuju Sukabumi go digital.

Baca Juga

Kegiatan ini lanjut Reny, terlaksana atas kerjasama Bappeda Kota Sukabumi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung oleh Diskumindag dan UMKM Jabar Juara. Di mana untuk mengikuti program ini gratis tanpa di pungut biaya apapun.

Waktu pendaftaran telah dilakukan pada 19 september 2022 sampai dengan 30 September 2022 lalu. Saat ini dalam proses tahapan seleksi peserta terpilih oleh panitia penyelenggara.

''Banggalah dan berbahagialah jadi pelaku UMKM dan jangan jadikan UMKM sebagai alternatif, akan tetapi sebagai pilihan utama,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Namun, UMKM saat ini berbeda dengan masa lalu yang belum mengenal dengan digital.

Pemasaran saat ini harus berbasis digital teknologi. Fahmi menerangkan ada tiga badai saat ini yakni pandemi, percepatan teknologi informasi dan global warming.

Dalam artian tidak ada yang bisa menolak teknologi. Pelaku UMKM harus adaptif dengan teknologi dan berbasis platform digital sehingga masuk perdagangan bebas.

Di sisi lain kata Fahmi, lengkapi persyaratan perizinan standar dan semangat tingkatkan skill kemampuan. Selain itu pemerintah selenggarakan sertifikasi halal dan fasilitas perizinan lainnya dalam membantu pelaku UMKM.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kemajuan Koperasi dan Usaha Kecil di Sumatra Barat Terus Didorong

Pemkot-HIPMI Kolaborasi Kembangkan Usaha UMKM di Surabaya

Pelajar Madrasah Sukabumi Borong Medali di Ajang Olimpiade Siswa Prestasi Nasional

Totalitas Dukung UMKM, 555 Binaan BNI Tembus PaDi UMKM

Misi Pemberdayaan Perempuan di Balik Manis dan Gurihnya Cangcomak

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image