Pengamat: KPK tidak Bisa Jegal Anies Baswedan

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto

Suparji Ahmad
Suparji Ahmad | Foto: istimewa/doc pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Hukum Pidana dari Universitas Al-Azhar, Suparji Ahmad, berpendapat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa menjegal Anies Baswedan maju ke pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang dengan menjadikan dia sebagai tersangka di kasus Formula-E. Karena, menurutnya, memang tidak ada pidana yang dilakukan Anies dalam kasus tersebut.

“Peluang menjegal Anies tidak bisa karena tidak ada perbuatan pidana yang dilakukan Anies (dalam kasus Formula E),” kata Suparji, Senin (3/10).

 

photo
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berfoto bersama pembalap di grid line sebelum dimulainya balapan Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). - (ANTARA/Hafidz Mubarak A)
 

Suparji meminta, agar KPK menjunjung tinggi independensi, obyektivitas, dan agar tidak menjadi alat bagi siapapun. Termasuk dalam kasus dugaan korupsi di Formula E, jika tidak ada pidana dalam Formula E, maka kasus harus segera dihentikan.

“Dalam pekerjaan tersebut tidak ada unsur-unsur pidananya, jadi ya (harus) dihentikan karena tidak ada bukti-bukti perbuatan pidana,” kata dia.

Sebelumnya, diberitakan dalam koran Tempo edisi 1 Oktober 2022 disebutkan bahwa Ketua KPK Firli Bahuri diduga mendesak penyidik untuk segera menetapkan eks Gubernur DKI Jakarta itu sebagai tersangka pada kasus Formula-E. 

Kemudian pada siang ini, Partai Nasdem mengumumkan mengusung Anies Baswedan maju sebagai Capres pada pemilu 2024. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Herzaky: Anies Selaras dengan Semangat Demokrat

Keputusan Nasdem Dukung Anies Dinilai tak Mengejutkan 

PKS Tunggu Keputusan Majelis Syura Seusai Nasdem Deklarasikan Anies Capres

'KPK tidak Bisa Jegal Anies Baswedan'

PDIP Pelajari Surya Paloh Pidato Mulai Pukul 10.15 Tapi Sebut Anies 10.33

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image