Rabu 05 Oct 2022 05:33 WIB

Peduli Olahraga, Ridwan Kamil Raih Penghargaan Presiden

Meski kondisi keuangan mengalami koreksi tapi dua event olahraga tetap berjalan.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meraih penghargaan dari Preside atas kepeduliannya pada olah raga.
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meraih penghargaan dari Preside atas kepeduliannya pada olah raga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan memberi perhatian serius terhadap pembinaan olahraga. Meski, kondisi keuangan mengalami koreksi yang luar biasa akibat pandemi virus corona. 

Apalagi pada akhir tahun ini, akan diselenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV dan Pekan Paralimpik Provinsi (Perpaprov) VI Jawa Barat 2022.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana, saat ini, pihaknya tidak bisa memberikan anggaran yang lebih besar untuk pembinaan olahraga di Jawa Barat. Kondisi ini terjadi mengingat kondisi keuangan yang tidak memungkinkan akibat dua tahun dihantam pandemi virus corona.

"Ini bukan hanya masalah di Jawa Barat saja, tapi juga di seluruh Indonesia. Bahkan ini persoalan semua negara," ujar Asep di Bandung, Selasa (4/10).

 

Oleh karena itu, Asep meminta, insan olahraga di Jawa Barat agar memahami kondisi ini. Asep pun membantah, jika berkurangnya anggaran yang diberikan sebagai wujud ketidakpedulian dari pemerintah khususnya Gubernur Ridwan Kamil.

"Bukan karena tidak peduli. Tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan," katanya.

Asep membuktikan penilaiannya itu dengan menyebut belum lama ini Gubernur Ridwan Kamil mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai pembina olahraga terbaik se-nasional. Kalau dianggap tidak peduli terhadap olahraga, apalagi hanya gara-gara anggaran yang berkurang, mungkin tidak akan dapat penghargaan. 

"Tapi, ternyata kan dapat penghargaan dari Presiden sebagai pembina olahraga terbaik," katanya.

Hal ini, kata Asep, sebagai bukti bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan perhatian yang serius terhadap dunia olahraga di Jawa Barat. 

"Bukti lainnya, Jawa Barat bisa mempertahankan juara umum PON, lalu juara Pekan Olahraga Pelajar, juga olahraga ASN tiga kali berturut-turut. Lalu Jawa Barat juga juara olahraga pesantren. Ini bukti bahwa ada keseriusan dari kami dalam membina olahraga di Jawa Barat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement