Prototipe Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil di Ajang WJIS 2022

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) melihat motor listrik RKG-5000 karya desain Ridwan Kamil berkolaborasi dengan pabrikan Gesits seusai menghadiri
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) melihat motor listrik RKG-5000 karya desain Ridwan Kamil berkolaborasi dengan pabrikan Gesits seusai menghadiri | Foto: ANTARA/M Agung Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ditampilkan di arena pameran "West Java Investment Summit (WJIS) 2022" di Trans Hotel, Kota Bandung, Rabu (5/10/2022). Motor jenis bobber sengaja dirancang oleh Ridwan Kamil untuk sebuah merek motor listrik. 

"Motor ini dinamakan RKG 5000, kependekan dari Ridwan Kamil Gesit 5000," ujar Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangun motor bobber RKG 5000.

Atep mengatakan, motor tersebut baru berupa prototipe satu unit, akan tetapi motor itu sudah diuji coba jalan. "Ini prototipe, jadi baru ada satu, tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau manufacturing," katanya. 

Dibandingkan dengan motor sejenis berbahan bahan bakar bensin, menurut Atep, bobot motor listrik RKG 5000 lebih ringan karena tak ada mesin. 

"Karena tidak ada mesin, maka motor ini total berbobot 150 kilogram, cukup nyaman, dan mudah dikendarai" paparnya. 

Dengan listrik berdaya 450 VA, baterai motor listrik RKG 5000 ini sudah bisa diisi penuh. 

"Motor ini bisa di-charge di rumah dengan daya terendah sekalipun, yaitu 450 VA, dan tentu bisa juga di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dengan lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empàt jam," kata Atep. 

Menurut Atep, yang lebih membanggakan, selain motor ini khusus dirancang oleh Kang Emil, RKG 5000 juga merupakan karya anak bangsa dari sisi rancang bangun. 

WJIS 2022 digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar bersama Pemprov Jabar guna menarik investasi dalam dan luar negeri. WJIS yang keempat kalinya ini fokus pada isu ketahanan pangan, serta energi baru dan terbarukan, salah satunya pengembangan teknologi kendaraan listrik. 

WJIS 2022 berlangsung 5-6 Oktober 2022 di Trans Luxury Hotel di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, dengan tema "Green Investment: Food Security and Renewable Energy-Securing The New Future".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Akselerasi Transisi Kendaraan Konvensional Lewat Motor Listrik

Kemenperin Siap Kejar Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Peduli Olahraga, Ridwan Kamil Raih Penghargaan Presiden

Migrasi ke Kendaraan Listrik Perlu Disertai Insentif

Bertemu dengan Prabowo, Ini yang Dibicarakan Ridwan Kamil

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image