Sebanyak 1.104 Mahasiswa Fisip Unpas Ikuti Kegiatan Pengenalan Kampus

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB).
Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB) tingkat fakultas tahun 2022 di Balai Sartika Bikasoga, Kota Bandung, Kamis (6/10). 

Menurut Dekan Fisip Unpas, Dr H M Budiana SIp MSi, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB tersebut sebanyak 1.104 orang. Tahun ini PKKMB fakultas diselenggarakan secara hybrid selama dua hari. Yaknin pada Rabu, 5 Oktober 2022 PKKMB dilaksanakan secara online dan Kamis 6 Oktober 2022 secara offline.

"Namun kami juga menyelenggarakan hybrid pada PKKMB hari kedua, karena syarat mengikuti PKKMB Offline harus booster. Jadi ada yang belum booster, sakit, dan di luar kota masih bisa mengikuti PKKMB hari kedua secara online," ujar Budiana.

Menurut Budiana, jumlah mahasiswa baru tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Tahun lalu jumlahnya hanya mencapai 900 orang. Kemungkinan, ekonomi masyarakat pasca pandemi sudah mulai bangkit, tahun ini sebanyak 1.104 mahasiswa.

"Alhamdulilah minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi mulai bangkit lagi setelah dua tahun pandemi," katanya.

Menurutnya, program studi yang paling banyak dipilih adalah ilmu komunikasi, disusul hubungan internasional, lalu administrasi bisnis.

"Dari sisi volume mereka yang daftar kebanyakan di 3 Prodi itu. Yang paling besar di Prodi Komunikasi. Mengapa Komunikasi jadi difavoritkan masyarakat, ya karena mungkin zamannya di situ," kata Budiana.

Saat ditanya soal perkuliahan tahun ajaran baru, Budiana mengatakan perkuliahan untuk mahasiswa baru ini akan dimulai pada 10 Oktober 2022.

"Setelah 2 tahun terganggu oleh pandemik kami akan mulai perkuliahan offline lagi. Untuk mahasiswa baru ini tanggal 10 Oktober. Kami melalui wakil dekan 1 bidang akademik  sudah prepare mempersiapkan kuliah offline," katanya.

Karena masih pandemi, kata dia, meskipun offline pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, akan terus mengevaluasi setiap pekannya. 

Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Dirjen PKTN Gandeng Unpas dan UPI di Bidang Perlindungan Konsumen

Unpar akan Dirikan Pusat Studi Diaspora

Unpas Resmikan Masa Pengenalan Kampus untuk 3.645 Maba

Dosen Masih Banyak yang Kesulitan Buat Jurnal Berkualitas

Unpas Bangga Lulusannya Berkarier di Mahkamah Agung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image