Legenda Kiper Persib Bandung Dorong PSSI Lakukan Perbaikan Pascainsiden Kanjuruhan

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Doni Monardo (kiri) memimpin Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) saat investigasi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Dari hasil investigasi sementara yang dilakukan TGIPF ditemukan fakta bahwa ada pintu stadion yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan terjadi.
Doni Monardo (kiri) memimpin Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) saat investigasi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Dari hasil investigasi sementara yang dilakukan TGIPF ditemukan fakta bahwa ada pintu stadion yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan terjadi. | Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Legenda kiper Persib Bandung era perserikatan tahun 1986 Sobur mengajak semua pihak untuk mempercayakan penanganan kasus di Stadion Kanjuruhan Malang kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Ia pun mendorong agar PSSI yang diketuai Mochamad Iriawan untuk melakukan perbaikan di seluruh aspek kompetisi.

"Sebagai insan sepakbola Jawa Barat, saya mendukung ketua umum PSSI untuk melakukan perbaikan baik format kompetisi, jam tayang serta keamanan di dalam dan luar stadion," ujarnya melalui keterangan yang diterima Ahad (9/10/2022).

Baca Juga

Ia turut berbelasungkawa atas tragedi yang membuat 131 suporter meninggal dunia pasca pertandingan Arema Malang melawan Persebaya. Sobur mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi cobaan.

Ia mengajak seluruh pecinta sepakbola tidak saling menyalahkan atau menyudutkan. Lebih baik, ia mengajak seluruh pihak menyerahkan proses penanganan perkara kepada pihak yang diberikan kewenangan.

"Jangan lagi saling menyalahkan dan menyudutkan salah satu pihak," ungkapnya.

Sobur mengapresiasi PSSI yang tetap hadir di Malang untuk mengawal investigasi. Terkait desakan sejumlah pihak agar Ketua Umum PSSI mundur dari jabatan, ia menilai kondisi sepakbola Indonesia tengah berjalan ke arah tren yang positif.

Ia berharap perbaikan terus dilakukan PSSI dan sepakbola Indonesia ke depan lebih baik. Sobur menyoroti agar kasus kematian suporter tidak terulang kembali di masa depan.

"Diharapkan bisa tercipta iklim sepakbola yang lebih baik lagi terutama yang terkait dengan suporter," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Temui Berbagai Pihak dari Polisi Hingga Security

Erick Thohir Beberkan 5 Pesan FIFA untuk Sepak Bola Indonesia

TGIPF Telah Temui Sebagian Besar Pihak Terkait Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan, Persis Solo Ajukan Lima Tuntutan

Pengamat: Tragedi Kanjuruhan Jadi Titik Balik Sepakbola Nasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image