Gerindra: Restu Jokowi ke Prabowo Penting

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani. | Foto: DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengaku tak ingin terlalu geer dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang merestui Prabowo Subianto. Namun, jika restu tersebut benar, pernyataan tersebut menjadi modal penting partainya dan Prabowo untuk menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saya kira support dan dukungan dari Pak Jokowi menjadi penting, karena pemilihan presiden akan berlangsung pada 14 Februari dan periode Pak Jokowi baru akan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2024," ujar Muzani di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/11).

"Sehingga siapa calon presiden yang didukung oleh beliau menjadi penting, tetapi Pak Jokowi itu kan seorang yang demokratis," sambungnya.

Jika Jokowi benar memberi restu kepada Prabowo, itu menjadi modal penting juga bagi kader Partai Gerindra. Meskipun ia melihat restu Jokowi adalah bentuk pernyataan Presiden kepada pembantunya di kabinet.

"Sebagai seorang Presiden tentu saja dia (Jokowi) bersikap kooperatif terhadap pembantu-pembantunya yang hendak melanjutkan kepemimpinannya. Sehingga saya kira restu dan dukungan dari Presiden ke Pak Prabowo adalah sesuatu yang wajar-wajar saja," ujar Muzani.

Terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belumlah mengambil keputusan. Kewenangan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Prabowo dan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

"Pada waktunya kedua belah pihak, beliau akan mengambil keputusan yang terbaik untuk masa depan bangsa dan negara," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memberikan dukungannya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dukungan tersebut telah diberikannya sejak awal.

Hal ini disampaikannya saat menjawab pertanyaan dari para wartawan terkait restu yang diberikannya kepada Prabowo. “Sudah sejak awal kok restu-restu, sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau,” kata Jokowi di pameran Indo Defence 2022 Expo dan Forum di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Mendengar pernyataan Jokowi tersebut, Prabowo yang berada di samping Jokowi pun kemudian langsung meluruskan pernyataan Jokowi. Ia menyebut hal itu terkait dengan konteks pertahanan, bukan pemilu 2024. “Ini pertahanan,” kata Prabowo singkat.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Waketum MUI Bangga Jokowi sampai Erick Thohir Masuk Daftar Muslim Berpengaruh

Gerindra: Restu Jokowi ke Prabowo Penting

Jokowi Minta Menteri yang Maju Pemilu Tetap Utamakan Tugas

Kepada Prabowo, Jokowi Anggap Perkembangan Indhan Indonesia Sangat Baik

Jokowi akan Telepon Tiga Pemimpin Negara untuk Pastikan Kehadiran di G20

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image