Selasa 08 Nov 2022 06:39 WIB

Otoritas Saudi Perbaiki Potongan Tali pada Kiswah Ka'bah

Di bagian bawah Kiswah ada beberapa potongan tali yang kemudian segera diperbaiki.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agus Yulianto
Sebuah foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan proses penggantian kain kiswah Kabah yang baru di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (Ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Sebuah foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan proses penggantian kain kiswah Kabah yang baru di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang diwakili oleh Badan Urusan Kompleks Ka'bah Kiswah Raja Abdulaziz dan Administrasi Umum Pemeliharaan Kiswah, melakukan proses pemeliharaan Ka'bah menyeluruh secara berkala. Dalam proses ini ada bagian kiswah yang diperbaiki.

Di bagian bawah Kiswah ada beberapa potongan tali yang kemudian segera diperbaiki oleh tim pemeliharaan khusus. Dilansir Riyadh Daily, Senin (7/11), untuk melakukan ini, waktu satu hari dialokasikan khusus untuk memasang sutra di seluruh bagian bawah Ka'bah.

 

photo
Proses penggantian kain kiswah Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. - (EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA )

 

Direktur Administrasi Pemeliharaan Kain Ka'bah Suci di Masjidil Haram Fahd Al-Jabiri menekankan, pentingnya pemeliharaan Kiswah dengan sangat hati-hati dan penuh perhatian sepanjang tahun. Para teknisi yang diterjunkan pun tekun dengan teliti.

Mereka mengikuti prosedur yang diperlukan dan memperbaiki catatan yang terdeteksi pada Kiswah Ka'bah dengan kualitas tinggi dan catatan waktu yang rinci. Hal ini diterapkan tanpa memengaruhi pergerakan para peziaran.

Pada 30 Juli lalu, otoritas Saudi yang mengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengganti Kiswah pada Ka'bah. Sebuah tim, yang dipilih dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, diturunkan untuk melepas Kiswah yang lama untuk kemudian diganti dengan yang baru.

Kiswah baru terdiri dari empat sisi yang terpisah dan tirai pintu. Masing-masing dari empat sisi Ka'bah suci dinaikkan secara terpisah ke puncak Ka'bah sebagai persiapan untuk pembukaannya di sisi lama.

Kemudian memperbaiki sisi dari atas dengan mengikatnya dan menjatuhkan ujung sisi yang lain setelah tali dari sisi lama dilonggarkan. Dengan menggerakkan sisi baru ke atas dan ke bawah secara gerakan permanen, kemudian sisi yang lama jatuh ke bawah dan sisi baru tetap tidak bergerak.

Proses itu diulang empat kali untuk setiap sisi. Kemudian meluruskan setiap ikat pada keempat sisi, lalu barulah dilakukan penjahitan. Jumlah ikat pada Kiswah Ka'bah ini 16 buah, ditambah enam buah dan 12 lampu di bagian bawah ikat.

Kiswah Ka'bah menggunakan sekitar 850 kg sutra mentah, yang diwarnai hitam di dalam kompleks, 120 kg benang emas, dan 100 benang perak. Pelepasan Kiswah lama dan penggantian dengan Kiswah yang baru itu dikerjakan oleh sekitar 200 pekerja profesional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement