Jumat 18 Nov 2022 19:44 WIB

PUPR Siap Tingkatkan Infrastruktur Kertajati dan Kawasan Rebana

Bandara Kertajati merupakan gerbang dan penggerak roda ekonomi di kawasan Rebana. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung peningkatan daya saing infrastruktur Kawasan Cirebon-Subang (Patimban)-Majalengka atau Rebana dan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

"Melalui kesempatan yang baik ini, Kementerian PUPR mendukung peningkatan daya saing infrastruktur serta penguatan ekonomi dari segi konektivitas terhadap kawasan Rebana," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna dalam Diskusi Panel Kertajati dan Kawasan Rebana, Jumat (18/11/2022).

Herry menambahkan, dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan aktivitas Bandara Kertajati di antaranya dilakukan melalui pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. Bandara Kertajati merupakan salah satu gerbang dan penggerak roda ekonomi di kawasan Rebana yang dapat dimanfaatkan dalam mewujudkan percepatan pembangunan sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Pengembangan bandara ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang luas bagi peningkatan pemerataan ekonomi daerah dan nasional. Mengingat pembangunan dan pengembangan kawasan ini termasuk proyek strategis nasional (PSN), terdapat kemudahan yang pemerintah telah atur dalam peraturan pemerintah turunan Undang-Undang nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dalam mendukung PSN.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengintensifkan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan penerbangan umrah di Bandara Kertajati di Jawa Barat pada November 2022.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus melakukan sinergi dan kolaborasi antarkementerian/lembaga, pemerintah daerah, stakeholder penerbangan, hingga travel agent, agar pelaksanaan penerbangan umrah nanti berjalan lancar sesuai rencana.

Kemenhub telah melakukan sejumlah persiapan antara lain kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada pertengahan September lalu ke Bandara Kertajati untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana dalam persiapan penerbangan umrah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement