Kepala Sekolah Sesalkan Kasus Perundungan di SMP Plus Baiturrahman

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Siswa pelaku perundungan menendang kepala rekannya yang memakai helm di kelas SMA Plus Baiturrahman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/11/2022).
Siswa pelaku perundungan menendang kepala rekannya yang memakai helm di kelas SMA Plus Baiturrahman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/11/2022). | Foto: Tangkapan layar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Baiturrahman, Saifullah A Muthalib, menyesalkan terjadinya perundungan di dalam kelas tersebut. Dia mengaku bakal mengevaluasi dan mengetatkan kembali pengawasan di sekolah yang berlokasi di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung tersebut.

"Kami ada pemberian efek jera kepada pelaku itu melalui teguran, nasihat, dan mungkin pelaku tidak bakal melakukan pembelajaran bersama siswa lainnya (dipisahkan)," kata Saifullah di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/11/2022).

Sebelumnya, jagat lini masa Twitter digegerkan dengan video perundungan yang terjadi di SMP Plus Baiturrahman, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/11/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Dalam video yang beredar, seorang siswa yang memakai seragam memakaikan helm dengan paksa kepada teman sekelasnya yang duduk di bangku, kemudian pelaku menendang kepalanya.

Siswa itu menendang kepala rekannya yang memakai helm beberapa kali. Peristiwa itu terjadi di kelas. Hanya saja, siswa satu kelas tidak ada yang mencoba menghentikan aksu perundungan tersebut. Beruntung, ada siswa yang merekam aksi itu hingga video perundungan tersebar luas ke masyarakat.

"Bullying di SMP Plus Baiturrahman, Bandung. Kejadian siang ini pada jam sekolah. Korban adalah keluarga kawan saya, dilarikan ke RS setelah pingsan. @disdik_bandung @RESTABES_BDG," kata akun Twitter @salmandoang dikutip di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Pemilik akun juga mengunggah obrolan jika masalah itu sebenarnya sudah dilaporkan keluarga siswa yang menjadi korban. Namun, tanggapan pihak sekolah tidak positif. Dia pun ingin agar pelaku perundungan mendapatkan sanksi sosial. "Yang bikin gue tambah yakin ini mesti banget viral, biar ada sanksi sosial buat pelaku, dan para heartless spectators," kata akun @salmandoang

Polrestabes Bandung sudah merespon video viral tersebut. "Terima kasih,, informasinya sudah kami terima kemarin malam dan hari ini akan dilakukan pengecekan ke lokasi yang diberikan," kata akun @RESTABES_BDG.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pelaku Perundungan di SMP Plus Baiturrahman Diamankan di Mapolsek Ujungberung

Video Siswa SMP Di-Bully Teman Sekolah di Bandung Viral di Medsos

Viral Video Perundungan di SMP Plus Baiturrahman Kota Bandung

Polisi Ringkus Begal yang Lukai Korban di Bandung

Polisi Ringkus Begal yang Lukai Korban di Bandung 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image