Dukung Pemilu, Sukabumi Gencarkan Perekaman E-KTP Pelajar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Sandy Ferdiana

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus menggencarkan layanan siap jemput bola (Jempol).
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus menggencarkan layanan siap jemput bola (Jempol). | Foto: Riga Nurul Iman/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam cara dilakukan dalam upaya mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Salah satunya melalui perekaman KTP-Elektronik (E-KTP) bagi penduduk wajib KTP pemula di SMA/SMK.

Para pelajar SMA/SMK diharapkan berpartisipasi aktif dalam mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. Hingga kini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus menggencarkan layanan siap jemput bola (Jempol).

Tujuannya, untu melengkapi identitas kependudukan (Lentik) pada lingkungan sekolah di Kota Sukabumi. Baru-baru ini, layanan itu digelar di SMA Negeri 3 Sukabumi. ‘’Untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024, maka kami melaksanakan jemput bola perekaman KTP ke sekolah-sekolah,’’ ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi.

Sasaranya, sebut dia, yaitu para pelajar yang akan menjadi pemilih pemula pada ajang demokrasi nanti. Khususnya, lanjut Kardina, siswa-siswi yang sudah berumur rentang 15 tahun sampai dengan 17 tahun, untuk bisa memiliki dokumen kependudukan yaitu KTP elektronik. Sebab dokumen ini akan menjadi dasar sebagai pemilih dalam pemilu ataupun pilkada mendatang.

Dalam kegiatan Jempol, sambung Kardina, para pelajar terlebih dulu diberi pemahaman aakn pentingnya data kependudukan. Selain itu, papar dia, pelajar juga diberi pencerahan akan akan hak politiknya dalam Pemilu dan Pilkada 2024.

Setelah member pembekalan, para pelajar diminta mengikuti proses perekaman E-KTP. Ke depan, kata Kardina, kegiatan Jempol E-KTP di SMA/SMK se-Kota Sukabumi akan terus digencarkan. Kegiatan ini, tutur dia, merupakan fasilitas dari pemerintah untuk masyarakat. Upaya Jempol Lentik sudah dilakukan ke lima sekolah. Sebelumnya perekaman E-KTP dilakukan SMK Negeri 3 Sukabumi, SMKN 2 Sukabumi, SMKN 1 Sukabumi dan SMAN 1 Sukabumi.

‘’Kami ingin memastikan berapa jumlah penduduk yang lahir, datang dan meninggal sebagai data yang penting,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Harapannya jumlah penduduk Kota Sukabumi harus tepat dan setiap harinya harus update.

Sebab, administrasi kependudukan sangat penting sebagai indikator pembangunan. Fahmi mengatakan, kegiatan kali ini merupakan bentuk koloborasi antara Disdukcapil kota dan kabupaten yang menunjukkan komitmen bersama.

‘’KTP itu untuk identitas kalian dan belajar sebaik baiknya,’’ ungkap Fahmi di hadapan para pelajar SMA dan SMK. Harapannya, pelajar terus berprestasi dengan kemampuan yang dimiliki.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Menkumham Sebut KPU akan Dapat Tekanan Politik yang Berat Saat Pemilu 2024

ASN Purbalingga Diingatkan untuk Cermati Tahapan Pemilu

Wabup Lumajang Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Pemilu 2024

Rasakan Guncangan Gempa, Warga Sukabumi Panik Berhamburan Keluar Kantor dan Rumah

Disdukcapil Sukabumi Perkuat Kerja Sama Pemanfaatan Data Kependudukan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image