BMKG: Info Pergerakan Sesar Cimandiri dan Pergeseran Lempeng di Waduk Cirata, Hoaks

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Foto udara suasana Waduk Cirata di Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat.
Foto udara suasana Waduk Cirata di Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat. | Foto: Abdan Syakura_Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menegaskan, informasi yang beredar di masyarakat tentang adanya pergerakan sesar Cimandiri yang berpotensi gempa serta pergeseran lempeng mengarah ke Waduk Cirata adalah hoaks. Masyarakat diminta tidak percaya terhadap berita bohong itu.

Informasi hoaks yang beredar di lapangan menyebutkan tentang kewaspadaan tinggi masyarakat di Sukabumi diperlukan sebab aktivitas yang dilewati garis sesar Cimandiri. Selain itu, beredar voice note atas nama BMKG yang berisi akan adanya pergerakan lempeng mengarah ke waduk Cirata dan erupsi serta gempa bumi di Gunung Gede.

Kepal BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pihaknya tidak pernah menyampaikan dan menyebarluaskan informasi tersebut. Selain itu, isu tersebut tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas dan merupakan hoaks.

"Berita itu hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat kapan dimana dan akan terjadi gempa," ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Dia menuturkan, pihaknya mendapatkan informasi dari PVMBG bahwa status gunung masih level I alias normal. Teguh meminta, masyarakat tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu bohong yang beredar.

"Masyarakat diminta mengecek informasi di situs-situs resmi," katanya.

Sebelumnya, jumlah korban meninggal dunia dan luka-luka akibat gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur terus bertambah. Data pada Selasa (22/11/2022) mencatat sekitar pukul 17.00 WIB jumlah korban meninggal dunia mencapai 268 orang.

"Dari 268 korban meninggal, yang sudah teridentifikasi siapa-siapa jenazahnya sebanyak 122 orang," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto kepada wartawan di posko utama penanganan bencana gempa Pendopo Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11/2022) sore.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Cianjur Digoyang Gempa Sesar Cimandiri, Jakarta Juga Harus Waspadai Sesar Baribis

Apakah Pergerakan Sesar Cimandiri akan Pengaruhi Sesar Lembang? Ini Pendapat Ahli Geologi

Ahli Ingatkan Potensi Gempa Signifikan di Masa Depan Akibat Pergerakan Sesar Cimandiri

Ini Penjelasan Pakar ITB tentang Sesar Cimandiri yang Guncang Cianjur

BMKG: Sejarah Catat 14 Kali Gempa Merusak Terjadi di Cianjur-Sukabumi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image