RS di Jabar Dikerahkan Tangani Korban Luka Berat, RSHS Tangani 85 Pasien

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjenguk puluhan warga korban bencana gempa bumi Cianjur yang dirujuk ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Selasa (22/11/2022).
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjenguk puluhan warga korban bencana gempa bumi Cianjur yang dirujuk ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Selasa (22/11/2022). | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Keterbatasan ruang rawat dan operasi di RSUD Sayang Kabupaten Cianjur, dengan besarnya jumlah korban luka-luka membuat banyak pasien harus dirujuk ke sejumlah rumah sakit di Jawa Barat. 

Hal itu terungkap dalam rapat virtual bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja dan penanggung jawab rumah sakit di Kota Bandung, Rabu (23/11/2022), 

Baca Juga

 

photo
Warga menggotong jenazah korban gempa Cianjur Siti Imat Rohimat (41) di Kampung Kuta Wetan, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Almarhum Siti Imat Rohimat meninggal di lokasi posko pengungsian diduga akibat sakit saat terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin 21 Novembee lalu. Sementara berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada (23/11) kemarin, jumlah korban tewas dilaporkan bertambah menjadi 271 orang, 2.043 warga luka-luka, dan 40 lainnya masih hilang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)
 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana Dewi, fokus penanganan korban bencana saat ini diberikan kepada korban luka berat dan luka ringan. Ini agar tidak terjadi perburukan dan mengancam jiwa. 

Hingga Rabu (23/11/2022), jumlah korban luka berat mencapai 574 orang dan luka ringan sebanyak 1.811 orang. 

"Seluruh korban yang dirawat inap kini tersebar di sejumlah rumah sakit di Jabar, di antaranya Bogor,  Sukabumi, Cimahi, dan Bandung," ujar Nina.

Sementara data meninggal dunia tercatat sebanyak 268 orang. Dari jumlah tersebut 174 orang sudah teridentifikasi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Irvan Nur Fauzi mengatakan, sekitar 140 orang pasien telah dikirim ke rumah sakit di luar wilayah Cianjur terutama pasien yang memerlukan tindakan operasi sesegera mungkin. 

"Kendala di sini adalah kurangnya ruang operasi, terutama ortopedi. Kami juga memerlukan tenaga ahli dan peralatan ortopedi agar operasi bisa dilaksanakan sebanyak mungkin dan secepatnya," kata Irvan. 

Yanyan Rusyandi, dari RSUD R Syamsudin Sukabumi mengatakan telah menerima pasien sebanyak 74 orang di mana sebagian besar memerlukan tindakan operasi segera. 

"12 orang sudah operasi, hari ini 9 orang sedang menjalani operasi," katanya. 

Di Bandung, RSHS juga sudah menerima rujukan korban gempa Cianjur sebanyak 85 orang. Pelaksana Tugas Dirut RSHS Ahmad Supriyatna mengatakan, sudah 25 pasien yang selesai menjalani operasi. 

RSHS juga menyiapkan ruangan khusus yang akan menampung korban bencana Cianjur karena dianggap sudah menjadi Kejadian Luar Biasa atau KLB. "Kami berjaga 24 jam," kata Ahmad Supriyatna. 

Selain menerima pasien dari Cianjur, kata dia, seluruh rumah sakit juga mengirimkan tim langsung ke lokasi bencana. 

Dengan menggunakan ambulans, tim akan bergerak cepat melakukan assessment, apakah pasien harus dibawa ke ruang operasi atau cukup ditangani di lokasi. 

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja berterima kasih kepada pihak rumah sakit yang langsung turun tangan membantu korban bencana gempa Cianjur. Terkait pembiayaan, dia menegaskan, jika seluruh biaya korban bencana akan ditanggung oleh Pemda Provinsi Jabar. 

"Terima kasih sudah langsung ditangani tanpa menanyakan biaya ke pasien. Kami Pemprov Jabar akan menanggung semua biaya. Nanti laporkan langsung ke Dinkes Jabar untuk diselesaikan," kata Setiawan. 

Setiawan berharap, tidak ada pungutan yang dilakukan kepada korban bencana, seperti biaya ambulans dan lainnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Tim SAR Cari 40 Orang Hilang Akibat Gempa Cianjur di Hari Keempat

Pakar ITS Ungkap Kemungkinan Ada Sesar Baru di Gempa Cianjur

AP II Berangkatkan Tim Satgas Bencana Bantu Penanggulangan Gempa Cianjur

BIN Kirimkan Bantuan bagi Warga Terdampak Gempa di Cianjur

China Berduka Atas Gempa Cianjur, Siap Kirimkan Bantuan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image