Usai Gempa Cianjur, Beredar Hoaks Air Laut Surut di Pangandaran

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Suasana Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandarani. 
Suasana Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandarani.  | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Berbagai berita bohong atau hoaks beredar usai terjadi gempa bumi di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022). Salah satu hoaks yang beredar di media sosial adalah surutnya air laut di Pangandaran.

Video mengenai surutnya air laut di Pangandaran itu beredar melalui akun TikTok 89tv_official_real. Dalam video, terlihat banyak orang yang berada di pantai menyaksikan air laut yang menyusut. Hingga saat ini, video tersebut telah dilihat oleh 4,2 juta penonton.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Kustiman, memastikan video tersebut merupakan hoaks. Sejak terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur, kondisi laut di Kabupaten Pangandaran disebut selalu normal.

"Air laut surut itu adalah hoaks dari orang tidak bertanggung jawab. Karena kami tidak menerima laporan apapun," kata dia, Kamis (24/11/2022).

Kustiman mengimbau, masyarakat tidak mudah menerima informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Masyarakat diminta selalu mengecek ulang informasi di media sosial melalui akun resmi BPBD Kabupaten Pangandaran.

Sementara Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, video air laut di Pantai Pangandaran surut pascagempa Cianjur adalah informasi sesat. "Dalam video tersebut warna pasirnya putih, sedangkan Pantai Barat Pangandaran pasirnya warna hitam," kata kata dia.

Menurut Jeje, informasi itu tentu sangat merugikan Kabupaten Pangandaran. Pasalnya, Pangandaran merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur.

Karena itu, Jeje meminta wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Pangandaran melihat informasi dari media terpercaya. "Harus selalu cek kondisi ke media terpercaya. Jangan sampai mudah kena hoaks," kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


BPBD: Kabar Laut Surut di Pangandaran Hoaks

BNI Bergabung dengan Satgas BUMN Bantu Warga Korban Gempa Cianjur

Pantauan Udara Kondisi Rumah Warga Pascagempa Cianjur

Puluhan Korban Gempa Cianjur Dirawat di Lapangan RSUD Sayang

Masyarakat Terdampak Gempa Cianjur Diminta Waspada Potensi Longsor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image