Ridwan Kamil akan Kirim ASN ke Jepang  Belajar Mitigasi Gempa 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan keterangan pers terkait penanganan bencana gempa Cianjur di Pendopo Kabupaten Cianjur.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan keterangan pers terkait penanganan bencana gempa Cianjur di Pendopo Kabupaten Cianjur. | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengirimkan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemda Provinsi Jabar ke Prefektur Shizuoka, Jepang untuk belajar mitigasi bencana gempa bumi. 

Menurut Ridwan Kamil, pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan ASN Jabar dalam membuat rumah tahan gempa di masa depan. 

"Rumah tahan gempa salah satu yang nanti kita kerja samakan dengan Prefektur Shizuoka," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Kota Bandung, Kamis (24/11/2022) malam. 

Emil mengatakan, rumah tahan gempa akan hadir di Jawa Barat berdasarkan hasil rekomendasi Presiden Jokowi ketika memberikan bantuan kepada warga yang tedampak bencana di Kabupaten Cianjur. 

Rumah tahan gempa tersebut, kata dia, akan dibangun di lokasi yang baru dan di rumah yang memang sudah dibangun. Nantinya akan ada penguatan-penguatan secara khusus, maka dari itu dirinya akan mengirimkan ASN Jabar ke Jepang untuk belajar ilmu tersebut. 

"Rumah tahan gempa di lokasi baru dan di rumah yang sudah ada, yang mungkin sudah terbangun dilakukan penguatan-penguatan. Kami juga akan mengirim staf Pemprov Jabar ke Shizuoka untuk mempelajari mitigasi bencana gempa bumi karena mereka sudah pengalaman lebih dari 50 tahun," paparnya. 

Sementara menurut Wakll Gubernur Prefektur Shizuoka Jepang Tsutomu Ideno, wilayahnya memang sama seperti Indonesia sering mengalami gempa bumi. Bahkan, selama 50 tahun telah melakukan berbagai kebijakan untuk penanganan gempa bumi yang baik. 

"Di kami selama 50 tahun lebih ini memang ada banyak kebijakan yang ditempuh untuk penanganan bencana gempa bumi. Saya berharap dengan adanya perpanjangan MoU antara Shizuoka dan Pemda Provinsi Jabar ada juga kerja sama khususnya di bidang penanggulangan bencana teruatama gempa bumi," papar Tsutomu Ideno. 

Tsutomu juga menyambut baik apabila ada ASN Jabar yang datang langsung ke negeri Samurai Biru untuk berbagi ilmu tentang mitigasi bencana gempa bumi. Nantinya bisa juga staf ahli kebencanaan dari Shizuoka datang langsung ke Jabar untuk berbagi pengetahuan tentang hal tersebut. 

"Staf ahli dari Shizuoka akan sharing knowledge, juga share informasi dan pengetahuan kepada aparat Pemda Provinsi Jabar supaya kedua provinsi bersifat saling menguntungkan," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Gubernur Jabar: Lima Pengadang Bantuan Korban Gempa Ditangkap

Dosen UMM Jabarkan tentang Rumah Tahan Gempa

BNPB Sebut Contoh Rumah Tahan Gempa Dibangun Pekan Depan di Cianjur

Kongres Pemda se-Asia Timur di Gedung Sate Bandung

Ridwan Kamil Minta Kadis Jadi Bapak Asuh Korban Gempa Cianjur

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image