Bupati Karawang: Gunakan Dana Desa untuk Percepatan Pembangunan

Red: Agus Yulianto

Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurachadiana.
Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurachadiana. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengingatkan para kepala desa agar menggunakan dana desa untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di daerahnya masing-masing. Tahun ini, dana desa yang sampai di Karawang totalnya mencapai Rp 355 miliar.

Dia menyampaikan, dana desa itu jumlahnya tidak sedikit. Karena itu, tentunya bisa juga dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Hal terpenting, penggunaan dana desa hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat," kata Cellica, Jumat (25/11/2022).

Menurut dia, penggunaan dana desa harus dilakukan dengan transparan, bersih, dan akuntabel. Sementara itu, dari jumlah total dana desa sebesar Rp355 miliar yang sampai di Karawang pada tahun ini, ada desa yang hanya menerima Rp 726 juta, dan ada pula desa yang sampai menerima dana desa sebesar Rp 2,2 miliar.

Bupati berpesan ,dana desa itu dimanfaatkan dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga, desa terhindar dari segala bentuk kesalahan dan maladministrasi.

Sementara itu, berdasarkan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dana desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam ketentuan tersebut juga disebutkan, tujuan disalurkannya dana desa adalah sebagai bentuk komitmen negara dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis.

Dengan adanya dana desa, menurut Cellica, diharapkan desa dapat menciptakan pembangunan dan pemberdayaan desa menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Mantan Kades di Ciamis Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa

Penyempitan Wewenang akan Menjadi Salah Satu Materi Usulan Revisi UU Desa 

Masa Jabatan Kades Diusulkan Diperpanjang Menjadi Sembilan Tahun untuk Satu Periode

BLT Dana Desa 2023 tak Lagi 40 Persen, Kepala Desa Bisa Fokus Realisasikan Janji

Pertanggungjawaban Dana Operasional Desa Diupayakan Menggunakan Sistem Lumpsum

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image