Pemkot Bogor Mulai Kenalkan Kendaraan Listrik ke Masyarakat

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto | Foto: Republika/Shabrina Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemkot Bogor melakukan sosialisasi kendaraan dinas berbasis listrik ke masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan bersama dengan komunitas kendaraan listrik dari berbagai merk, juga bersama Grab dan Gojek selaku platform ojek daring.

Kendaraan yang dikenalkan kepada masyarakat ialah mobil Hyundai Ioniq 5 dan motor United T1800. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyebutkan, komunitas kendaraan listrik di Kota Bogor sudah mencapai ratusan. Sementara Pemkot Bogor sendiri baru menyediakan dua mobil dan lima motor. 

“Tapi ini komunitasnya semakin berkembang. Kita lihat masyarakat sudah mulai bergeser (ke kendaraan listrik) dan hari ini kita melakukan sosialisasi itu,” kata Bima Arya kepada Republika, Sabtu (26/11).

Tak tanggung, Bima Arya pun menjajal motor listrik yang dikenalkan. Menurutnya, motor listrik yang dijajalnya cukup mulus dan nyaman untuk digunakan.

“Banyak juga yang pakainya sudah bertahun-tahun. Jadi, saya optimis banyak yang akan melakukan konversi. Bisa menjual, membeli baru, atau motor lama bisa dikonversi dengan biaya sekitar Rp 7 juta,” sebutnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, di Kota Bogor tidak ada jalur khusus kendaraan listrik. Dia pun optimis masyarakat akan mengganti kendaraannya menjadi kendaraan berbasis listrik.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor, Yadi Cahyadi, mengatakan langkah ini merupakan bagian dalam menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Di samping itu, menurut dia, Wali Kota Bofor sangat konsern dengan isu-isu lingkungan. Sehingga keberadaan kendaraan listrik ini diarahkan ke penggunaan energi ramah lingkungan.

“Infrastrukturnya terus disiapkan, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Balaikota ini merupakan langkah awal yang berkolaborasi dengan PLN,” ujar Yadi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemkot Bogor Mulai Kenalkan Kendaraan Listrik ke Masyarakat

Dongkrak Kinerja, Perusahaan Manufaktur Otomotif Dharma Polimetal Siap Ekspansi

Vietnam Perdana Kirimkan Kendaraan Listrik ke Pelanggan AS

Pemkot Bogor Kirim 1 Ton Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkot Bogor Kirim Bantuan Kebutuhan Bayi dan Kain Kafan ke Cianjur

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image