Walkot Bandung Gandeng Ahli Bahas Mitigasi Bencana Sesar Lembang

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung. | Foto: Republika/M Fauzi Ridwan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengingatkan masyarakat tentang potensi bencana di Kota Bandung termasuk sesar Lembang. Diperlukan sosialisasi kepada masyarakat dan mitigasi bencana agar dapat meminimalisasi dampak bencana.

"Dinas terkait melakukan sosialisasi (mitigasi) dan Insya Allah kita undang FGD dengan ahli yang memahami soal mitigasi bencana," ujarnya di Balai Kota Bandung, Senin (28/11/2022).

Terkait keberadaan instansi penanggulangan bencana yaitu BPBD yang masih menyatu dengan dinas kebakaran, ia menyebut, masih dalam proses mendorong ke hal tersebut. Pihaknya masih melakukan kajian kebutuhan hal tersebut.

"Makanya, hasil kajian kita lihat kebutuhannya, apakah (BPBD) berdiri sendiri, lihat hasil FGD," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, fungsi penanggulangan bencana berada di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. "Fungsi (BPBD) ada di DKPB analisas beban kerja di sana," katanya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung menyalurkan bantuan dana dan barang senilai Rp 845 juta lebih kepada korban gempa di Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022). Dana tersebut berasal dari infaq dan sodakoh para aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungan pemerintah Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, pihaknya membuat surat edaran kepada ASN dan non ASN termasuk karyawan BUMD dan RSUD di lingkungan pemerintah Kota Bandung pekan kemarin. Total dana yang terkumpul mencapai Rp 845.720.200.

"Dalam dua hari, alhamdulillah terkumpul Rp 845.720.200 bentuk uang. Infak sodakoh ini akan diserahkan hari ini kepada pemerintah Kabupaten Cianjur," ujarnya melepas rombongan Sekda Kota Bandung yang akan mengirimkan bantuan di Balai Kota Bandung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Peduli Cianjur Berbagi Kebahagiaan Berbagi Kebaikan Yayasan Mutiara Harapan

Tim SAR Gabungan Evakuasi Jasad Ayah Peluk Putrinya di Lokasi Gempa Cugenang

Pertamina Suplai Avtur untuk 3 Helikopter Polri Sebar Bantuan Korban Gempa Cianjur

BNPB Harap Pengungsi Rumahnya Rusak Ringan-Sedang Bisa Kembali

Pemkot Bandung Siapkan Rumah Sakit untuk Korban Gempa Cianjur 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image