Polresta Cirebon Bongkar Bunker Miras

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman.
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon bersama dengan Polsek Lemahabang berhasil membongkar bunker penyimpanan minuman keras (miras), di Desa Cipeujeuh, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Kamis (1/12) sekitar pukul 10.00 WIB. Sedikitnya ada 89 dus miras atau ribuan botol miras telah berhasil diamankan oleh petugas dari dalam bungker tersebut.

Terbongkarnya keberadaan bunker miras di Cipeujeuh itu berawal dari adanya laporan masyarakat yang resah dengan adanya peradaran miras di lokasi tersebut. Namun, setiap petugas datang dan melakukan penggeledahan, hasilnya selalu nihil. 

Kalaupun ditemukan miras, jumlahnya hanya beberapa botol saja. Pedagang miras berinisial HP (62 tahun), ternyata pandai menyembunyikan minuman haram yang dijualnya.

Namun kali ini, HP tak bisa lagi berkutik. Polisi yang dipimpin oleh Wakasat Narkoba Polresta Cirebon, AKP Udiyanto bersama jajaran Polsek Lemahabang, mencari setiap sela di warung tersebut. 

Upaya pencarian miras hampir saja tidak membuahkan hasil hingga akhirnya salah satu anggota ada yang menemukan kardus miras. Penggeledahan pun terus dilakukan di setiap sudut warung.

"Awalnya ada bekas kardus miras. Itulah yang kemudian menjadi petunjuk kami. Saya dan anggota kemudian geser-geser tempat itu. Ternyata ada lubang berukuran 1 meter persegi. Begitu kita masuk, barulah ketahuan, ada mirasnya. Itu seperti model bunker, berada di belakang lemari," kata Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman melalui Kasat Narkoba Kompol Dadang Garnadi, yang disampaikan oleh Wakasat AKP Udiyanto, Jumat (2/12).

Petugas kemudian mengambil setiap dus yang tertumpuk di bunker tersebut untuk dibawa ke mobil polisi. Setelah dihitung, jumlahnya ada sekitar 89 dus miras dari berbagai merk. 

Miras tersebut terdiri dari delapan dus miras jenis angker, 51 dus miras jenis singaraja, tiga dus jenis arak orang tua, 21 dus jenis kawa-kawa merah dan enam dus jenis Guinness. Diperkirakan ada ribuan botol miras yang diamankan kali ini.

Ribuan miras itu kemudian dibawa ke Mapolresta Cirebon untuk dijadikan sebagai barang bukti. Minuman haram tersebut selanjutnya akan dimusnahkan agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Cirebon. 

"Miras itu kita kumpulkan. Nanti akan kita musnahkan menjelang akhir tahun 2022," kata Udiyanto.

Polisi pun akan terus melakukan razia miras di wilayah hukum Polresta Cirebon. Terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. "Ini, kita cipta kondisi dalam rangka Natal dan Tahun Baru. Kita laksanakan rutin, perintah dari pimpinan," tandas Udiyanto. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polresta Cirebon Tangkap Dua Ayah Rudapaksa Anak di Bawah Umur

Pengedar Sabu Ditangkap Saat Hendak Transaksi

Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencurian Mobil Jaringan Jawa-Sumatera

Bobol Alfamart dan Curi Rokok, Pemuda Asal Cirebon Ditangkap Polisi

Polresta Cirebon Ajukan 20 Titik Pemasangan Kamera E-TLE

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image