Korban Gempa Cianjur akan Peroleh Bantuan Uang Sewa Rumah Rp 500 Ribu

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Korban Gempa Cianjur akan Peroleh Bantuan Uang Sewa Rumah Rp 500 Ribu (ilustrasi).
Korban Gempa Cianjur akan Peroleh Bantuan Uang Sewa Rumah Rp 500 Ribu (ilustrasi). | Foto: Dok Jamkrindo

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Warga terdampak gempa Cianjur akan mendapatkan bantuan uang sewa rumah dari pemerintah. Besaran dana yang diberikan mencapai Rp 500 ribu per kepala keluarga (KK) per bulan.

''Kebijakan pemerintah, warga yang rumahnya rusak berat tidak ditempatkan di hunian sementara tapi sambil menunggu hunian tetap diberikan uang sewa rumah,'' ujar Sekda Kabupaten Cianjur Cecep S Alamsyah kepada wartawan di Pendopo Kabupaten Cianjur, Ahad (4/12/2022). Intinya tidak ditempatkan di hunian sementara dan sambil menunggu hunian tetap ada dana tunggu Rp 500 ribu per KK per bulan.

Baca Juga

Bantuan ini kata Cecep, akan terus diberikan sampai hunian tetapnya selesai. Namun ia belum bisa memperkirakan waktu selesainya pembangunan hunian tetap dan yang pasti pembangunan akan dilakukan secepatnya.

Seperti diketahui, pemerintah tengah membangun hunian tetap untuk relokasi korban gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. '' Kami siapkan relokasi di lahan 2,5 hektare, disiapkan untuk 200 rumah isntansi sederhana sehat (RISHA) struktur tahan gempa,'' ungkap Cecep.

Selain itu kata dia, pemda juga mengsulkan lahan di Kecamatan Mande 30 hektare untuk hunian tetap bagi warga terkena dampak gempa bumi. ''Sebanyak 200 rumah tahap pertama di lahan 2,5 hektare di Cilaku,'' kata dia.

Berikutnya lanjut Cecep akan dibangun hunian tetap di Kecamatan Mande seluas 30 hektare. Harapannya bisa menjangkau korban gempa Cianjur yang rumahnya rusak berat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pencarian Jenazah Nihil, Korban Hilang Gempa Cianjur Masih Delapan Orang

Tiga Rumah di Pamarican Ciamis Rusak Terdampak Guncangan Gempa Garut

BPBD Sukabumi Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

ITB Bangun Shelter dari Bambu untuk Korban Gempa Cianjur

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut Sore Tadi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image