Pertamina Group Balongan Jaga  Pesisir Pantai Tetap Bersih dan Terlindungi

Red: Agus Yulianto

Selain melakukan aksi pungut sampah di pantai, sebanyak 325 pohon Cemara laut juga ditanam di sepanjang pantai Tirta Ayu dan wilayah sekitarnya.
Selain melakukan aksi pungut sampah di pantai, sebanyak 325 pohon Cemara laut juga ditanam di sepanjang pantai Tirta Ayu dan wilayah sekitarnya. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Guna menjaga pesisir pantai di wilayah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu tetap bersih, Pertamina Group wilayah Balongan melakukan aksi kolaborasi bersih-bersih pantai. Kegiatan bertajuk Collaborative Coastal Cleanup ini dilaksanakan di kawasan objek wisata pantai Tirta Ayu, dan sekitarnya.

Acara ini merupakan inisiasi Pertamina Project Balongan (Project RDMP) bersama PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan, Pertamina Gas and Oil Transportation, Integrated Terminal Balongan MOR 3, serta melibatkan unsur Muspika Kecamatan Balongan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, dan masyarakat Kecamatan Balongan.

Selain melakukan aksi pungut sampah di pantai, sebanyak 325 pohon Cemara laut juga ditanam di sepanjang pantai Tirta Ayu dan wilayah sekitarnya.

General Manager Project Balongan Sugeng Firmanto mengatakan, kegiatan Coastal Celan Up ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) ke-5, sekaligus menyambut HUT PT Pertamina (Persero) ke-65. 

“Konsep penanaman pohon Cemara laut ini, yakni 5x65 pohon, kami ambil menyesuaikan dengan HUT KPI yang ke-5 dan HUT Pertamina (Persero) yang ke-65, sehingga jika ditotalkan ada sebanyak 325 cemara laut yang ditanam,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan, pada agenda selanjutnya direncanakan akan dilakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai yang diharapkan bisa mencegah abrasi. Sekaligus memperindah pantai dan menarik wisatawan sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi sekitar.

“Semoga penanaman yang massive kita lakukan ini juga bisa mensupport pencapaian rating Environment, Social and Government (ESG) Pertamina holding,” ujar Sugeng.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit Balongan Imam Rismanto menyampaikan, Kolaborasi kegiatan Coastal Cleanup atau bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu perwujudan tata Nilai Akhlak yang diimplementasikan dalam kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan.

Imam mengatakan, jauh sebelum pantai Tirta Ayu ini menjadi objek wisata, Kilang Pertamina Balongan juga telah mulai melakukan penanaman cemara melalui program pemulihan lingkungan. Beberapa Pohon cemara yang ditanam di sekitar Pantai Tirta Ayu hingga kini juga terlihat masih hidup dan tumbuh subur.

“Semoga Kolaborasi Pertamina Group di Balongan ini terus berjalan, sehingga sinergitas yang terjalin memberikan dampak baik untuk perusahaan, lingkungan dan masyarakat sekitar,” ucap Imam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image