Polisi Tangkap Pelaku Ganjal ATM di Lanud Tasikmalaya

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Polisi menunjukan barang bukti alat ganjal mesin ATM dari pelaku pembobolan ATM.
Polisi menunjukan barang bukti alat ganjal mesin ATM dari pelaku pembobolan ATM. | Foto: Antara/Adeng Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Aparat kepolisian menangkap seorang pelaku aksi ganjal ATM di Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Senin (5/12/2022). Pelaku yang berinisial M (44 tahun) itu kini ditahan oleh aparat kepolisian.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cibeureum, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yusuf Setyanto, mengatakan, peristiwa itu terjadi di ATM Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, pada Senin sekitar pukul 07.00 WIB. Awalnya, pelaku yang awalnya berjumlah dua orang melakukan aksinya di mesin ATM BJB Lanud Wiriadinata.

"Karena tidak bisa diganjal, pelaku kemudian beralih ke ATM BRI Lanud Wiriadinata," kata dia melalui keterangan tertulis.

Setelah lubang mesin ATM diganja, pelaku menunggu di luar ruang mesin ATM untuk menunggu korban. Tak lama berselang, datang seorang perempuan yang hendak mengambil uang tunai.

Saat ATM perempuan itu tidak bisa dimasukan ke dalam mesin, pelaku masuk ke dalam dan berpura-pura akan membantu. Namun, aksi pelaku langsung diketahui oleh salah seorang saksi yang ada di wilayah itu.

"Pelaku belum berhasil mengambil uang dari kartu ATM milik korban, karena perbuatan pelaku diketahui oleh salah seorang saksi curiga," kata Yusuf.

Setelah itu, pelaku kemudian berhasil diamankan. Saksi itu langsung menghubungi Polsek Cibeureum.

Yusuf mengatakan, polisi kemudian menggeledah isi tas pelaku. Dalam tas itu, ditemukan tiga kartu ATM, obeng, dan senjata tajam jenis badik.

"Pelaku berinisial M berhasil diamankan di ATM BRI Lanud Tasikmalaya Kota. Sedangkan untuk pelaku berinisial I yang berperan mengganjal mesin ATM belum tertangkap," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Modus Ganjal Mesin ATM

Mobil Dinas Pemkab Sukabumi Terguling di Jalur Lingkar Selatan

Hormati Hari Raya Nyepi, Mesin ATM di Bali Dinonaktifkan Mulai 2 Maret

Sejarah Hari Ini: ATM Pertama Kali Beroperasi

Polisi Amankan Kawanan Pencuri Modu Ganjal ATM di Depok

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image