Napi Teroris Umar Patek Jalani Pembebasan Bersyarat

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto

Umar Patek
Umar Patek | Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengkonfirmasi proses pembebasan bersyarat seorang napi teroris Hisyam bin Alizein alias Umar Patek pada Rabu (7/12/2022). Keluarnya Umar Patek menjalani proses pembebasan bersyarat dari Lapas Kelas I Surabaya ini berbarengan dengan insiden bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar.

"Dengan Program Pembebasan Bersyarat itu mulai hari ini, dia sudah beralih status dari Narapidana menjadi Klien Pemasyarakatan Bapas Surabaya dan wajib mengikuti program pembimbingan sampai dengan 29 April 2030," tulis Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangan resminya, Rabu (7/12/2022).

Walaupun tidak memiliki kaitan langsung insiden bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, namun kebebasan Umar Patek memang sudah menjalani program deradikalisasi sebelumnya. Dalam prosesnya, apabila sampai dengan masa itu terjadi pelanggaran, maka hak bersyaratnya akan dicabut.

Program Pembebasan Bersyarat yang diberikan merupakan hak bersyarat yang diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Beberapa syarat itu, antara lain sudah menjalankan 2/3 masa pidana, berkelakuan baik, telah mengikuti program pembinaan.

Dan telah menunjukan penurunan risiko seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No.22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. "Persyaratan khusus yang telah dipenuhi oleh Umar Patek adalah telah mengikuti program pembinaan deradikalisasi dan telah berikrar setia NKRI," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan pemberian Pembebasan Bersyarat kepada Umar Patek juga telah mendapat rekomendasi dari Badan Nasional Penangulangan Teroris (BNPT) dan Detasemen Khusus 88 (Densus 88).

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Narapidana Teroris Umar Patek Jalani Pembebasan Bersyarat

BNPT Masih Dalami Kaitan Bom Bunuh Diri dengan KUHP

BNPT dan Kepolisian Selidiki Ledakan Bom Bunuh Diri di Bandung

KUHP Disahkan, Menkumham Persilakan Masyarakat Ajukan Judicial Review

BNPT Apresiasi Kolaborasi Pemerintah Daerah Tanggulangi Ekstremisme-Terorisme 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image