Pengamanan Laga Persib Vs Persija di Stadion GBLA Gunakan Stewards

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo.
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Laga tunda Persib Bandung melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan digelar Rabu (11/1/2023) sore akan melibatkan stewards untuk pengamanan di stadion. Stewards sendiri merupakan individu-individu terlatih yang bertugas mengamankan pertandingan di dalam stadion.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pengamanan pertandingan akan mengacu kepada peraturan polisi nomor 10 tahun 2022 yaitu sistem ring diganti menjadi sistem zona. Pengamanan di zona satu pun menjadi wewenang panitia penyelenggara pertandingan.

"Zona satu dilaksanakan otoritas kewenangan penuh oleh panpel di mana di dalamnya ada Exco (Komite Eksekutif PSSI) kemudian steward officer yang akan mengatur masalah pengamanan sehingga tidak ada lagi polisi yang berjaga," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Selasa (10/1/2023).

Ia melanjutkan pada zona dua pengamanan dilakukan oleh petugas kepolisian. Apabila terjadi insiden, maka dilakukan koordinasi antara stewards dengan petugas kepolisian.

"Sehingga ada pengambilalihan atau mungkin penyampaian terlebih dahulu kepada stewards untuk meminta bantuan, kemudian pihak kepolisian akan menindaklanjuti sesuai dengan permintaan stewards tersebut," katanya.

Dia menambahkan, pertandingan Persib Bandung melawan Persija akan digelar dengan penonton. Namun, penonton dari klub Persija dilarang menonton ke stadion GBLA.

"Dalam pertandingan Persib Persija ini tanpa ada penonton dari Persija, tetapi pendukung Persib saja karena memang dilaksanakan di lapangan GBLA," ungkapnya.

Ibrahim menambahkan, total personel yang diterjunkan melakukan pengamanan sebanyak 1.700 orang. Mereka akan dikerahkan menjaga keamanan di zona dua dan berjaga di pos-pos yang sudah berdiri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Penyerang Persib tak Sabar Menanti Laga Klasik Kontra Persija

Persib Bandung Terus Matangkan Persiapan Jelang Laga Kontra Persija

Jelang Laga Persib, Ini Imbauan untuk Masyarakat yang akan ke Masjid Al Jabbar

David da Silva Puji Tim Pelatih Persib Bandung

Beckham Putra Rindukan Kehadiran Bobotoh di Stadion

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image