Persib Bandung Kecewa PSSI Hentikan Liga 2

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono.
Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono. | Foto: Republika/M Fauzi Ridwan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Manajemen Persib Bandung merasa kecewa dengan keputusan Komite Eksekutif PSSI yang telah menghentikan liga 2. Keputusan penghentian kompetisi dinilai akan berdampak kepada kompetisi liga 1 yang tengah bergulir.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengaku kecewa dengan keputusan yang diambil Komite Eksekutif PSSI pada Kamis (12/1/2023) lalu. Ia menilai penghentian liga dua akan berdampak kepada regulasi kompetisi liga 1.

"Kami sangat kecewa dengan keputusan ditiadakannya kompetisi Liga 2," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (13/1/2023).

Dia menuturkan, keputusan tersebut akan berdampak tidak adanya promosi dan degradasi di liga 1. Teddy menilai tidak adanya promosi dan degradasi mencederai sporting merit system atau kompetisi dengan hierarki yang sudah jelas.

Teddy mengatakan, promosi dan degradasi merupakan jiwa dari sebuah kompetisi sepak bola. "Tidak adanya sistem promosi dan degradasi, klub peserta liga akan mempunyai strategi yang berbeda," katanya.

Lebih jauh, dia khawatir, akan membuka peluang praktik pengaturan skor di liga 1. Keputusan tersebut pun merusak ekosistem kompetisi sepak bola nasional yang sudah terbangun dengan baik.

"Sebagai pelaku industri sepakbola, saya tentu saja sangat kecewa dan tidak setuju dengan keputusan diberhentikannya liga 2 karena berdampak sangat luas terhadap tatanan dan struktur sistem kompetisi sepakbola nasional," katanya.

Kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 tidak akan dilanjutkan. Keputusan ini diambil Komite Eksekutif (Exco) PSSI setelah menggelar rapat yang berlangsung di Kantor PSSI, GBK Arena, Kamis (12/1/2023).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Liga 2 dan Liga 3 tak Dilanjutkan, Arema FC Minta Maaf Atas Imbas Tragedi Kanjuruhan

Alasan Persikab Bandung Dukung Penghentian Liga 2

Membayangkan Gus Dur Kritik PSSI

Rabu Kelam dan Bubarnya Liga Indonesia

Liga 2 Dihentikan, Nama Pemain PSDS Nyoman Paul Indonesian Idol Ramai di Medsos

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image