Ahad 15 Jan 2023 11:42 WIB

Ridwan Kamil Apresiasi Peran BPKP Jabar

BPKP Jabar dinilai berperan penting membantu pemerintah dalam mengambil keputusan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat pengukuhan Samono sebagai kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (13/1/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat pengukuhan Samono sebagai kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (13/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam mengawal pemerintah daerah. Masukan dari BPKP dinilai penting bagi pemerintah daerah dalam mengambil keputusan, utamanya dalam program pembangunan.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengatakan, BPKP selalu mendampingi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dalam mengambil keputusan terkait anggaran. “BPKP selalu menyertai Pemprov Jabar dalam mengambil keputusan-keputusan yang membingungkan,” ujar Emil.

Emil mencontohkan ketika masa pandemi, di mana ada kebutuhan terkait mesin PCR untuk alat uji Covid-19. Mesin tersebut dinilai urgen. Namun, jika pengadaannya melalui tahap lelang, akan membutuhkan waktu yang terbilang lama. BPKP Jabar pun memberikan masukan kepada pemprov.

“Mesin PCR dibutuhkan dan tidak direncanakan karena mendadak. Tapi, kalau dilelang lama, jadi kami butuh fatwa-fatwa seperti itu dari BPKP, sehingga kebingungan tidak terjadi pada kami kepala daerah,” kata Emil.

BPKP merupakan aparat pengawas internal pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Tugas utama BPKP menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang pengawasan keuangan negara atau daerah dan pembangunan nasional. 

Menurut Emil, peran BPKP sangat strategis dalam membina para pelaku pembangunan, dalam hal ini pemerintah, sehingga pembangunan dapat berjalan cepat tanpa melanggar aturan. “Teruslah membina para pelaku pembangunan, sehingga pembangunan bisa berjalan cepat tanpa ragu-ragu karena semua urusan angka-angka anggaran kewajarannya distudi dulu oleh BPKP,” ujar Emil.

Pada Jumat (13/1/2023), Emil mengukuhkan Samono sebagai kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jabar. Kegiatan itu dilangsungkan di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung. Emil meyakini Samono dapat memimpin BPKP dan ikut membantu realisasi pembangunan di Jabar menjadi lebih baik. “Saya percaya Pak Samono bisa bertugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diemban,” kata Emil.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement