Masjid di Garut Dibakar, Pelaku Diduga ODGJ

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Kondisi masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, pascakebakaran, Senin (23/1/2023). Diduga masjid itu sengaja dibakar oleh ODGJ.
Kondisi masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, pascakebakaran, Senin (23/1/2023). Diduga masjid itu sengaja dibakar oleh ODGJ. | Foto: Dok. Republika

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sebuah masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, mengalami kebakaran pada Ahad (22/1/2023) malam. Kebakaran itu diduga disengaja oleh salah satu warga di wilayah itu.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Ahad sekitar pukul 20.00 WIB. Ketika itu, pelaku berinisial E (29 tahun) masuk ke dalam Masjid Al Hidayah yang terletak di Kampung Nagrog, Desa Lembang, Kecamatan Leles.

Baca Juga

"Kronologi kejadian, pelaku masuk pukul 20.00 WIB ke masjid dan mengunci diri di masjid. Selang beberapa jam, masjid dibakar dari dalam sekitar pukul 21.00 WIB," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Senin (23/1/2023).

Menurut Tubagus, diduga pelaku membakar karpet yang berada di dalam masjid. Api yang membakar karpet itu kemudian menjalar dan membakar bangunan masjid.

Usai peristiwa itu, pelaku sempat dihakimi massa. Namun, saat ini kejadian kebakaran itu sedang diselidiki aparat kepolisian.

"Saat ini pelaku masih diseldiki oleh aparat kepolisian. Namun diduga ODGJ. Berdasarkan keterangan warga sekitar, pelaku ODGJ," ujar Tubagus.

Dia menambahkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, atap masjid itu habis terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Soal Pembakaran Masjid di Garut, Polisi: Pelakunya ODGJ

Masjid Kampus Diharapkan Jadi Episentrum Intelektualisme .

Polisi Pastikan Pelaku Pembakaran Masjid di Garut Adalah ODGJ

Kelompok Arkeolog India Berencana Restorasi Gapura Masjid Abad ke -12

Badan Amal Muslim Inggris Bantu Para Orang Tua yang Kehilangan Anaknya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image