Flare Membesar di Kilang Pertamina Balongan, Berbahayakah?

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

RDMP phase 1 Kilang Balongan ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri yang semakin meningkat.
RDMP phase 1 Kilang Balongan ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri yang semakin meningkat. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Flare yang menyala di Kilang Pertamina Balongan, saat ini, sedang membesar. Meski demikian, pihak Pertamina Balongan memastikan, membesarnya flare tersebut tidak membahayakan masyarakat sekitar. 

Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balongan, Mohamad Zulkifli, menjelaskan, terlihatnya flare yang membesar merupakan dampak pemulihan atas terganggunya listrik yang sempat terjadi. Kata dia, Tim Kilang Balongan telah berhasil mengatasi gangguan kelistrikan di kilang. 

Saat ini, pihaknya tengah melakukan proses memulihkan kembali operasional kilang. "Respons cepat Tim Kilang Balongan untuk menangani gangguan telah dilakukan, dan hingga saat ini sedang proses memulihkan kembali listrik yang sempat mengalami gangguan," ujar Zulkifli, dalam siaran persnya yang diterima Republika, Selasa (24/1/2023).

Zulkifli juga menegaskan, kejadian itu tidak menyebabkan gangguan suplai bahan bakar minyak (BBM). "Sekali lagi, mohon masyarakat tidak panik, karena flare yang membesar tidak membahayakan masyarakat dan kilang akan segera beroperasi normal kembali," tegasnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pertamina RU VI Balongan Fokuskan Pengamanan Kilang  dan Stok BBM

Perwira Kilang Balongan Beri Edukasi Siswa SMP Negeri 1 dan 2 Balongan

Terjadi Major Emergency Drill, Ini Langkah yang Kilang Pertamina Balongan Lakukan

Pertamina RU VI Gelar Sosialisasi Keadaan Darurat dan Simulasi Evakuasi

Bangga, Rekind Mampu Dongkrak Kapasitas Kilang Balongan Jadi 150 Ribu Barel per Hari

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image