Selasa 24 Jan 2023 23:40 WIB

Bapena PPNI Sukabumi, Upaya Perawat Bantu Penanganan Korban Bencana

Pembentukan Bapena PPNI Sukabumi bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi Irawan Danismaya (kanan).
Foto: istimewa
Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi Irawan Danismaya (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, membentuk Badan Penanggulangan Bencana (Bapena). Musibah gempa di Kabupaten Cianjur menjadi salah satu alasan yang mendorong pembentukan Bapena ini.

Pembentukan Bapena dilakukan saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-1 2023 PPNI Kota Sukabumi, yang digelar di Hotel Santika, Kota Sukabumi, Selasa (24/1/2023). Bapena PPNI ini disebut merupakan yang pertama di Provinsi Jawa Barat.

“Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) PPNI ini terinspirasi dari duka bencana Cianjur, di mana diperlukan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” ujar Ketua PPNI Kota Sukabumi Irawan Danismaya.

Irawan mengatakan, dalam Bapena PPNI Kota Sukabumi ini tergabung 25 perawat. Dengan adanya Bapena, diharapkan perawat lebih siap siaga untuk membantu melakukan perawatan terhadap korban bencana. Baik saat hari kejadian maupun beberapa hari pascabencana.

 

Pembentukan Bapena PPNI ini diapresiasi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Keberadaan Bapena diharapkan dapat membantu percepatan penanganan medis korban bencana.

Fahmi, yang menghadiri rakerda, mendorong PPNI Kota Sukabumi terus melakukan inovasi pelayanan terhadap masyarakat. PPNI juga diharapkan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda). “Di rakerda ini kami berharap kolaborasi dengan pemda makin kuat, terutama dalam layanan kesehatan,” kata dia.

Atas nama Pemerintah Kota Sukabumi, Fahmi menyampaikan terima kasih kepada PPNI yang selama ini mendukung kinerja pemda dalam melayani masyarakat. Seperti dalam pelayanan program Home Care, serta inisiatif membuka rumah singgah untuk pasien di Bandung. Ke depan, Fahmi berharap PPNI dapat terus berperan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement