Jumat 03 Feb 2023 06:01 WIB

Unisba Seminarkan 1.191 Artikel Ilmiah Tingkatkan Kualitas Penelitian

Dua artikel Ilmiah terbaik setiap fakultas akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Unisba memberikan hadiah untuk artikel terbaik di Spesia
Foto: Istimewa
Unisba memberikan hadiah untuk artikel terbaik di Spesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali menggelar Seminar Penelitian Sivitas Akademika (Spesia) gelombang 1 tahun akademik 2022/2023. Kali ini, sebanyak 1.191 artikel ilmiah mahasiswa diseminarkan secara hybrid, Kamis (2/2).

Menurut Ketua Pelaksana Spesia, Ahmad Arif Nurrahman ST MT MOS MCE IPM, dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta diwajibkan mempresentasikan artikel ilmiahnya. Yakni, dengan mengirimkan video presentasi.

Arif mengatakan, luaran kegiatan spesia ini berupa publikasi online artikel ilmiah dalam bentuk Jurnal dan Prosiding Nasional. "Spesia ini tidak hanya diikuti oleh peserta internal saja tetapi juga bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi lain," ujar Arif.

Menurutnya, lima artikel terbaik spesia setiap fakultas atau program studi akan dipublikasikan di Jurnal Riset. "Saat ini, UPT Publikasi Ilmiah Unisba memiliki 21 Jurnal Nasional," katanya.

Semakin banyak karya ilmiah online dalam bentuk prosiding dan jurnal, kata dia, maka akan mendukung pemeringkatan Sinta Dikti dan memudahkan sitasi. Arief mengatakan, dua artikel Ilmiah terbaik setiap fakultas akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Dengan semakin banyak karya online Unisba, maka akan mendukung pemeringkatan secara Lembaga atau institusi," katanya.

Sementara menurut Wakil Rektor Unisba, Prof Harits Nu'man, pihaknya sangat mengapresiasi adanya Spesia ini. Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas artikel dan hasil penelitian sebagai ujung tombang institusi serta meningkatkan kinerja institusi.

"Kami juga mengharapkan mahasiswa lebih sadar pada publikasi ilmiah. Mudah-mudahan artikel yang 1.190 lebih itu bisa menjadi karya yang dicatat digital di Dikti," katanya.

Adapun rincian 1.191 artikel ilmiah pada SPeSIA ini terdiri dari Fakultas Kedokteran 200 artikel ilmiah, Fakultas Ilmu Komunikasi 167 artikel,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis 153 artikel (Manajemen 98 artikel, Ekonomi Pembangunan 47 artikel, dan Akuntan 80 artikel),  Fakultas Hukum 135 artikel.

Fakultas Teknik-128 (Teknik Industri-63 artikel, Teknik Pertambangan-45 artikel, dan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota 20 artikel), Fakultas Psikologi 94 artikel, Fakultas Syariah: 80 artikel ilmiah (Hukum Ekonomi Syariah 66 artikel, Hukum Keluarga Islam 12 artikel, dan Perbankan Syariah-2 artikel).

Fakultas Tarbiyah & Keguruan-70 artikel (Pendidikan Anak Usia Dini 10 artikel, dan Pendidikan Agama Islam 60 artikel), Fakultas MIPA 53 artikel (Statistika-28 artikel, Matematika 21 artikel, dan Farmasi-4 artikel ilmiah) dan Fakultas Dakwah-32 artikel. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement