Kamis 04 Feb 2021 16:40 WIB

Dugaan Rasisme, Ini Alasan Abu Janda Serang Natalius Pigai

Abu Janda tak terima AM Hendropriyono dihina oleh Natalius Pigai

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan
Permadi Arya alias Abu Janda
Foto: Republika/Thoudy Badai
Permadi Arya alias Abu Janda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda telah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan rasisme terhadap tokoh Papua Natalius Pigai oleh penyidik Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/2). Usai pemeriksaan, Abu Janda menegaskan cuitannya adalah untuk membela mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono yang dihina oleh Natalius Pigai.

"Sekitar 4 sampai 5 jam 20 pertanyaan sama kuasa hukum. Jadi  ternyata hari ini saya baru diperiksa dalam rangka interview, jadi ini masih dalam proses lidik interview untuk pelapor yang ternyata pelapornya masih itu itu juga," ujar Abu Janda di Gedung Gedung Awaloedin Djamin, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/2) sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca Juga

Dalam pemeriksaan itu, Abu Janda mengaku telah menjelaskan kepada penyidik bahwa apa yang dilakukannya kepada Pigai bukan rasisme. Namun kata evolusi yang dilontarkannya kepada Natalius Pigai adalah untuk mempertanyakan soal perkembangan berpikir terhadap yang bersangkutan. Menurutnya juga, hal itu dilakukan untuk membela mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono yang dihina Natalius Pigai.

"Ketika saya bikin tweet itu dalam konteks saya membela Pak Jenderal, menjelaskan kapasitas Pak Jenderal. Jadi ketika saya pakai kata evolusi sebelum kata evolusi ada kata kapasitas jadi saya dalam konteks menanyakan Natalius Pigai "Sudah selesai belum kapasitas berpikir kau?" jelas Abu Janda.

Saat ditanya apa hubungan dirinya dengan AM Hendropriyono, Abu Janda mengaku tidak kenal dekat secara pribadi dengan mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tersebut. Namun ia mengaku pernah bertemu dengan AM Hendropriyono lebih dari sekali di acara PKPI. Tak hanya itu, Abu Janda mengaku sangat mengagumi AM Hendropriyono. 

"Makanya aku bereaktif terhadap hinaan Natalius Pigai Kepada Pak Jenderal (AM Hendropriyono), itu karena itu karena saya kagum kepada beliau," ungkapnya.

Kemudian terkait langkah selanjutnya, Abu Janda mengaku belum mengetahui, apakah dalam waktu akan dipanggil lagi atau tidak. Ia menegaskan akan bersikap kooperatif selama proses hukumnya berlangsung. Ia juga mengaku sebagai warga negera yang taat kepada hakum, akan selalu memenuhi panggilan pemeriksaan. 

Abu Janda memastikan bahwa pemeriksaan yang baru saja diikuti hanya sebatas dimintai klarifikasi oleh penyidik Bareskrim Polri. "Belum tahu kalau panggilan berikutnya belum. Balik lagi ya ini masih dalam proses lidik, interview, saya dipanggil dalam rangka klarifikasi," ujar Abu Janda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement