Hari Pertama Ganjil-Genap, 5.182 Kendaraan Diputar Balik

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ratna Puspita

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (kanan) dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (kanan) dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto | Foto: Republika/Shabrina Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sistem ganjil-genap sedang diberlakukan di Kota Bogor. Pada hari pertama pelaksanaan ganjil-genap di Kota Bogor, yakni pada Sabtu (6/2), sebanyak 5.182 kendaraan diputar balik.

"Jadi untuk hari pertama penerapan Gage kemarin, ada 2.326 kendaraan roda empat dan 2.856 kendaraan roda dua diputar balik," kata  Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada awak media, Ahad (7/2).

Baca Juga

Susatyo mengatakan, dari enam titik sekat dan tujuh titik check point yang ada di Kota Bogor, Simpang Gunungbatu merupakan salah satu titik yang ramai dilewati kendaraan. Selain sekat di Gerbang Tol Bogor.

"Dari masyarakat Ciomas, itu cukup tinggi sehingga evaluasi pada hari ini apakah kita akan menambah check point atau titik sekat lainnya yang masih terlihat ada jalan lainnya menuju kota," kata dia.

Sebelumnya, pada Sabtu (6/2), Ayu Rosmalina atau yang biasa dikenal sebagai Ayu Tingting juga terjaring oleh petugas di sekat Gerbang GTol Bogor. Saat itu, kendaraan Ayu Tingting menunjukkan pelat nomor ganjil.

Kadishub Kota Bogor Eko Prabowo menuturkan, Ayu terjaring sekitar pukul 10.00 WIB. Dengan menggunakan kendaraan Mini Cooper S Cabriolet kuning. "Dia yang supirin, bersama temannya dan niatnya mau ke Bogor tapi tidak bilang mau kemana," kata Eko.

Kepada petugas, Ayu mengaku tidak mengetahui perihal kebijakan ganjil genap yang mulai berlaku hari ini. Pun demikian, lanjut Eko, Ayu yang saat itu menggunakan pakaian hitam dan bermasker patuh mengikuti petujuk petugas dan memutar arah balik.

"Orangnya kooperatif, dia mau diputar balik karena pelat nomornya ganjil," tambah Eko.

Berdasarkan data dari Jasa Marga, jumlah kendaraan masuk Kota Bogor dari Gerbang Tol Bogor atau Exit Tol Jagorawi-Pintu Baranangsiang, mengalami penurunan sebesar 28 persen atau sebanyak 8.082.

Sebelumnya, pada Sabtu (30/1), terdapat 29.442 kendaraan yang masuk Kota Bogor melalui Gerbang Tol Bogor pukul 06.00 WIB. Di waktu yang sama pada Sabtu (6/2), tercatat ada 21.360 kendaraan.

Sementara itu, pada Ahad (7/2), Jasa Marga mencatat ada penurunan kendaraan yang masuk ke Kota Bogor dari Gerbang Tol Bogor sebesar 47 persen, pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Di jam yang sama pada Ahad (31/1), ada 2.931 kendaraan yang masuk, sedangkan pada hari ini hanya ada 1.567 yang masuk ke Kota Bogor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ganjil-Genap di Kota Bogor Kurangi Mobilitas Warga

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Tutup Usia Terpapar Covid-19

Brasil Terima Bahan Aktif Pembuat Vaksin Covid-19

Kenya Umumkan Program Vaksinasi Covid-19

Pakar Nilai PPKM Mikro Seharusnya Sejak Awal Diterapkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image