Ratusan Reklame Ditempeli Stiker Belum Bayar Pajak

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Tim gabungan menempelkan stiker peringatan terhadap ratusan reklame yang tidak membayar pajak di Kabupaten Indramayu.
Tim gabungan menempelkan stiker peringatan terhadap ratusan reklame yang tidak membayar pajak di Kabupaten Indramayu. | Foto: Diskominfo Indramayu

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ratusan reklame di Kabupaten indramayu terancam dibongkar. Pasalnya, reklame tersebut belum dibayarkan pajaknya.

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Keuangan Daerah (BKD), Satpol PP dan Damkar, DPUPR, dan Dishub Kabupaten Indramayu pun terjun ke lapangan untuk menertibkan ratusan reklame. Namun sebelum melakukan pembongkaran, mereka menempelkan stiker peringatan terlebih dulu terhadap reklame yang tidak membayar pajak.

Baca Juga

Kepala Bidang Pendapatan I Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Raden Wahyu Adiwijaya, menjelaskan, kegiatan penempelan stiker peringatan pada reklame yang menunggak pajak sudah dilakukan sejak seminggu terakhir. Kegiatan itu akan terus dilakukan sampai dengan akhir Maret 2021.

"Penempelan stiker ini adalah langkah pertama yang dilakukan oleh tim yang dipimpin Satpol PP. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan belum dibayarkan pajaknya, maka tindakan berikutnya adalah pembongkaran objek reklame tersebut," tegas Adiwijaya, Selasa (23/3).

Selama kegiatan penertiban berlangsung, setidaknya ada 100 objek reklame yang ditempelkan stiker peringatan karena tidak bayar pajak. Jumlah itu kemungkinan akan terus bertambah karena kegiatan penertiban itu akan terus dilakukan hingga akhir bulan ini.

Wahyu menambahkan, kegiatan penertiban reklame itu dimaksudkan guna mengoptimalisasi penerimaan pajak daerah sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Hal itu sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pajak Daerah dan Perbup Nomor 29 A Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Reklame.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Ratusan Papan Reklame di Indramayu Terancam Dibongkar

OECD Soroti Pendapatan Perpajakan Indonesia sangat Rendah

Wajib Pajak Sebaiknya Jujur Bayar Pajak Tanpa Harus Ditagih

Ketua DPD Harap Pelaku Ekonomi Digital Sadar Kewajiban Pajak

Wapres: Pajak Sangat Penting, Ayo Lapor SPT Tahunan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image