Pemkot Bandung Mendata Pohon-pohon yang Rawan Tumbang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Pedagang mengambil barang-barang dari kiosnya yang hancur dalam peristiwa pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Kota Bandung, Senin (29/3). Pohon tumbang terjadi saat hujan deras, Ahad (28/3) sore, menyebabkan lima orang terluka, sejumlah motor rusak dan tujuh kios makan hancur. Selain hujan yang disertai angin, pohon tumbang disebabkan pohon sudah tua dan lapuk dibagian perakaran.
Pedagang mengambil barang-barang dari kiosnya yang hancur dalam peristiwa pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Kota Bandung, Senin (29/3). Pohon tumbang terjadi saat hujan deras, Ahad (28/3) sore, menyebabkan lima orang terluka, sejumlah motor rusak dan tujuh kios makan hancur. Selain hujan yang disertai angin, pohon tumbang disebabkan pohon sudah tua dan lapuk dibagian perakaran. | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, tumbang.BANDUNG -- Warga Bandung diimbau waspada dan lebih berhati-hati di musim peralihan atau pancaroba saat ini. Sebab potensi bencana banjir, longsor dan pohon tumbang dapat terjadi. Terlebih saat ini kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi di masyarakat.

"Kondisi alam begini kewaspadaan adalah keniscayaan. Misalnya berteduh di pohon yang kita ragu hindari apalagi di masa pandemi kurangi mobilitas," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, Senin (29/3).

Baca Juga

Ia mengaku sudah meminta dinas terkait untuk mendata pohon-pohon di Kota Bandung yang rawan tumbang. Hal itu terkait dengan sering terjadi pohon tumbang di Kota Bandung saat hujan deras.

"Kita sudah minta ke DPKP3 sejak lama pohon itu disensus itu artinya secara keilmuan orang dibidangnya akan tahu apakah pohon dibidangnya apakah masih layak atau tidak ya. Kan itu ada ilmunya kalau sudah tidak layak tidak ada alasan lain dipapas atau dipotong," katanya.

Ia menuturkan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang dan berpotensi menyebabkan terdapat korban. Pihak dinas terkait harus segera mendata dan mengecek pohon yang rawan.

Ema mengatakan masyarakat pun tidak perlu segan untuk mengajukan permohonan pemotongan pohon yang berpotensi tumbang. Pihaknya berupaya memperhatikan hal tersebut untuk jauh lebih diperhatikan. 

Hujan deras yang terjadi di Kota Bandung, Ahad (28/3) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang di wilayah Jalan Dipatiukur dan Jalan Sersan Bajuri dan menimpa pengendara motor sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Selain itu, belasan kios mengalami kerusakan akibat dampak tersebut.

Kasie Rescue Damkar Kota Bandung, Yogi Mamesa mengatakan pohon Angsana berdiameter 50 cm dan tinggi 8 meter serta pohon Flamboyan berdiameter 40 cm dan tinggi 6 meter tumbang di Jalan Dipatiukur, Ahad (28/3) sore. Pohon tumbang tersebut membuat pengendara motor jatuh. 

"Sekitar pukul 15.50 Wib, menurut saksi terjadi hujan deras yang mengakibatkan pohon tumbang dan mengakibatkan pemotor terjatuh, menimpa 5 motor dan 7 kios," ujarnya, Ahad (28/3).

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Warga Bandung Diimbau Waspada di Musim Pancaroba

Pohon Tumbang Menimpa Kios Makanan di Kampus Unpad

Dua Kampung Siaga Bencana Dibentuk di Garut Selatan

Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Jember

Belasan CCTV Pantau Titik Rawan Banjir di Bandung  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image